Sabtu, 26 Juli 2014

Akhir Ramadhan


 
Bergulirnya waktu tak terasa telah menghantarkan kita di penghujung bulan suci Ramadhan. Tamu agung itu kini akan berpamitan meninggalkan kita dengan sejuta pelajaran dan kebaikan sebagai hadiah terbaik bagi kita semua. Deraian air mata kerinduan karena perpisahan dengan tamu agung ini dirasakan oleh umat Islam di seluruh dunia, sebagaimana para sahabat meneteskan air mata kesedihan karena takut tidak bisa bertemu kembali dengannya. 
Selama hari-hari di bulan Ramadhan yang mulia ini, disemarakkan dengan puasa, dzikir, membaca Alquran. Sedangkan malam-malamnya diisi dengan menegakkan shalat. Dan telah berlalu sebagian besar hari-hari tersebut layaknya hanya potangan waktu sesaat di siang hari.
Kita memohon kepada Allah agar mengganti apa yang telah berlalu dengan keberkahan di masa yang tersisa.
Kita juga memohon agar Allah menyempurnakan Ramadhan kita dengan rahmat, ampunan, dan dibebaskan dari neraka. Sesungguhnya Allah mensyariatkan di akhir bulan ini suatu ibadah yang menambah keimanan kita, menyempurnakan ibadah kita, dan melengkapi kenikmatan dari Rabb kita. amalan tersebut adalah zakat fitri, gema takbir di akhir puasa, dan shalat Idul Fitri.
Bertakwalah kepada Allah, dekatkanlah diri kepada-Nya sebagaimana orang-orang yang mengetahui bahwa Dia mendengar dan melihat hamba-hamba-Nya. Semoga kita senantiasa berada dalam keselamatan dan keislaman.
Ya Allah
Janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidup kami. Seandainya Engkau menetapkan sebaliknya, maka jadikanlah puasa kami ini sebagai puasa yang dirahmati, bukan puasa yang sia-sia. Seandainya masih ada pada kami dosa yang belum Engkau ampuni atau dosa yang menyebabkan kami disiksa karenanya, sehingga terbitnya fajar malam ini atau sehingga berlalunya bulan ini, maka ampunilah semuanya wahai Yang Paling Pengasih dari semua yang mengasihi.

Ya Allah
Terimalah puasa kami dengan sebaik-baik penerimaan, perkenan, kema’afan, kemurahan, pengampunan dan  keridhaan-Mu. Sehingga Engkau memenangkan kami dengan segala kebaikan yang dituntut, segala anugerah yang Engkau curahkan di bulan ini.
Selamatkanlah kami di dalamnya dari kebimbangan terhadap bencana yang mengancam atau dosa yang berkelanjutan. 
Demikian juga, dengan rahmat-Mu golongkanlah kami ke dalam orang-orang yang mendapatkan (keutamaan) malam al-Qadar. Malam yang telah Engkau tetapkan lebih baik dari seribu bulan.

Semoga perpisahan kami dengan bulan Ramadhan ini bukanlah perpisahan untuk selamanya dan bukan juga pertemuan terakhir kami. Semoga kami dapat kembali bertemu pada Ramadhan mendatang dalam keadaan penuh harapan dan kesejahteraan.
Aamiin Ya Rabbal Alamin…






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar