Kamis, 31 Juli 2014

Foto-foto Peresmian ITB Tahun 1959 oleh Bung Karno




 
Lima puluh tahun yang lalu, tepatnya tanggal 2 Maret 1959 Presiden Soekarno datang ke kampus Ganesha untuk meresmikan ITB. Saya mendapatkan koleksi foto-foto peresmian ITB dari TU STEI. Foto-foto itu dipindai dari album milik Proffesor T.M. Soelaiman, salah satu guru besar di Teknik Elektro ITB.

Berikut beberapa foto yang saya tampilkan di sini, sekadar mengenang nostalgia bagi pelaku sejarah ITB yang masih hidup hingga saat ini.
1. Barisan mahasiswa siap-siap menyambut kedatangan Presiden Soekarno. Mahasiswa berdiri di jalan utama kampus (depan lorong menuju LFM).

5

2. Presiden Soekarno datang dengan mobil sedan. Bung Karno memakai payung sendiri dan duduk agak tinggi.

10

3. Presiden Soekarno dan Rektor ITB saat itu berjalan dari pintu gerbang menuju lapangan bola.

16

4. Mahasiswa berbagai Departemen dan Fakultas berbaris rapih di pinggir lapangan bola. Di tengah-tengah tampak prasasti yang akan ditandatangani Soerkarno masih ditutup kain putih.

22

5. Para dosen dan istri dosen duduk rapih di pinggir lapangan

27

6. Tampak juga para guru besar duduk dengan takzim.

31

7. Mahasiswa berpakaian adat/nasional menuju meja protokler.

33
43
45

8. Bung Karno berpidato tanpa teks sambil bernostalgia menceritkan masa kuliahnya dulu di kampus TH (sekarang ITB).

49

9. Gaya Bung Karno berpidato memang menarik perhatian. Dia seorang orator yang ulung.

56

10. Rektor dan Bung Karno membuka prasasti

59
64

Sekarang prasasti atau tugu ini berada tepat di tengah kampus (antara LabTek V dan LabTek VIII). Di kemudian hari mahasiswa menyebutnya sebagai Tugu Soekarno.

11. Setelah peresmian, Bung Karno berjalan menyusuri lorong Gedung Teknik Kimia (kalau nggak salah). Siapa tuh ya yang berjalan membawa nampan di depan? Berani benar dia mendahului presiden, he..he.

65

12. Mahasiswa bubaran seusuai menghadiri acara peresmian.

74

13. Berjalan keluar pintu gerbang kampus. Perhatikan bunga bougenvile di pintu gerbang itu masih hidup merambah hingga saat ini:

73

14. Gaya mahasiswa ITB zaman baheula berpose. Sekarang tentu mereka sudah aki-aki /nini-nini atau mungkin ada yang sudah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa.

75
76



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar