Kamis, 10 September 2009

Agave, Si Gagah yang Mudah Dirawat


Untuk mereka yang seringkali mengeluh kerepotan mengurus taman dan tanaman, coba deh menanam Agave. Menanamnya tidak sulit, pun merawatnya. Sosoknya gagah.

Sebagian besar jenis Agave berasal dari Amerika Selatan, khususnya Meksiko. Tanaman ini bersifat sukulen (mampu menyimpan cadangan makanan dan air). Karenanya, Agave menjadi mudah ditanam dan tak tak memerlukan perawatan ekstra.

Agave banyak ditanam, juga karena keunikan daunnya. Layaknya kebanyakan tanaman sukulen, daun Agave tebal dan sedikit kaku. Warnanya mulai dari hijau tua, hijau muda, hingga kuning. Biasanya dipercantik dengan garis kuning atau putih, di tepi daunnya.

Di taman, Agave dapat dipadukan dengan Pandan Bali, Kucai, dan tanaman-tanaman lain yang berpenampilan hampir sama. Tak perlu pusing soal penempatan. Tanaman ini menyukai sinar matahari, jadi tak perlu takut menempatkannya di area terbuka yang terkena sinar matahari dalam waktu relatif lama.

Yang penting, pastikan tanahnya cukup unsur hara dan air agar tumbuh subur. Ya, kalaupun kondisi tanah itu tidak dapat terpenuhi, tak masalah juga kok. Agave dapat bertahan tumbuh pada tanah yang kering, dalam waktu relatif lama.

Selasa, 1 September 2009 | 07:55 WIB

KOMPAS.com

http://properti.kompas.com/read/xml/2009/09/01/07553455/agave.si.gagah.yang.mudah.dirawat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar