Selasa, 29 September 2009

Pulau Zira yang Tidak Tergantung pada Minyak Bumi






Pulau Zira yang tidak tergantung pada minyak bumi serta lebih mengandalkan pada matahari, angin dan air.




Azerbaijan, sebuah negara yang berada di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya, akan membangun sebuah resort yang ramah lingkungan dan mandiri energi di pulau Zira, pulau seluas 1.000.000 meter persegi (letaknya di perairan laut Kaspia) dipersiapkan menjadi sebuah resort modern yang tidak tergantung pada minyak bumi serta lebih mengandalkan pada matahari, angin dan air.

BIG Architects, berbasis di Denmark membuat master plan bagi pemerintah Azerbaijan untuk pembangunan tujuh gedung tinggi yang mewakili tujuh pegunungan tinggi di Azerbaijan. Setiap bangunan tersebut akan berisi rumah-rumah dan ruang publik.

Untuk menghangatkan dan mendinginkan bangunan-bangunan di pulau tersebut, hanya dibutuhkan pompa-pompa yang ditanamkan di perairan sekitar pulau untuk mensirkulasikan air dari bangunan ke laut dan sebaliknya. Panel surya dipasang dengan sudut yang tepat pada fasade-fasade dan atap-atap bangunan untuk menghasilkan listrik. Turbin angin lepas pantai juga akan digunakan untuk menjamin pasokan listrik bagi pulau.

Pulau Zira


Sampah padat biomassa digunakan sebagai pupuk untuk tanaman dan berbagai tumbuhan produktif yang akan ditanam di sana. Limbah cair dari rumah-rumah dan bangunan akan dikumpulkan pada satu tempat pengolahan limbah dan didaur ulang untuk irigasi. Untuk air bersih, Zira akan membuat fasilitas penyulingan air laut menjadi air bersih. (Ziraisland.com/yqm)

Senin, 28 September 2009
Erabaru

http://erabaru.net/featured-news/48-hot-update/5294-pulau-zira-yang-tidak-tergantung-pada-minyak-bumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar