Sabtu, 12 September 2009

Khasiat Kulit Kayu Manis



Kulit manis atau lebih dikenal dengan nama yang kurang tepat kayu manis (Cinnamomum verum, synonym C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah ke dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.

Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia, dan Bumbu ini sudah digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu.

Ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan ramuan dari kayu manis, antara lain:

1. Sakit Perut
Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut serta menyembuhkan bisul hingga keakar - akarnya.

2. Kembung
Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum bersama kayu manis panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang Amerika Selatan biasa meminum ramuan tersebut dipagi hari.

3. Sakit Kepala dan Sinus

Minum campuran madu dan jus jeruk dapat menyembuhkan sakit kepala karena sinus.

4. Kelelahan
Warga usia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukuran sama, terbukti lebih waspada dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan 1/2 sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburkan bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitalis tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saat vitalis tubuh menurun.

5. Kelebihan Berat Badan
Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis
setiap pagi 1/2 jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk. Minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi.
Influenza. Ilmuwan Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alam yang membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka minumlah madu ketika akan flu.(sumber : lautanindonesia.com)

6. Penawar alami (natural remedy) untuk diabetes type II
Para saintis telah mendapati kulit kayu manis mempunyai sifat ala-insulin, yang boleh mengurangkan kadar glukosa darah dan juga triglyceride dan kolesterol, semuanya penting terutamanya kepada penderita kencing manis diabetes type II.

Dengan hanya setengah sendok teh serbuk kulit kayu manis setiap hari diambil dalam pemakanan harian , pesakit kencing manisboleh mengurangkan paras glukosa darah. Kesan yang sama juga didapat dengan merendamkan batang kulit kayu manis ke dalam minuman teh atau kopi yang boleh membantu mencegah dan melawan kencing manis.

Para ilmuwan mendapatkan bahwa ada unsur -insulin dari kulit kayu manis dan bahan aktifnya, poliphenol dapat me-naik-kan kadar tiga protein utama. Protein berhubungan sangat penting bagi proses pembentukan insulin normal, dan pengangkutan glukosa ke seluruh anggota tubuh.

University of California at Santa Barbara pada April, 2004 menyatakan kulit kayu manis dapat digunakan dalam pengobatan untuk melawan diabetes. Kulit kayu manis dapat memainkan peranan pengganti insulin dalam diabetes type 2, dari kajian selular dan molekular di universitas tersebut. Kulit kayu manis mempunyai komponen aktif-bio yang berpotensi mencegah dan mengobati kencing manis.

Kajian klinikal telah dijalankan di Pakistan dimana 60 orang sukarelawan kajian dengan diberi serbuk kulit kayu manis satu sendok teh setiap hari selama 40 hari. Hasil kajian ini telah menunjukkan bahwa kulit kayu manis dapat mengurangi kadar glukosa darah dengan signifikan.

Dalam Medical News 09 Apr 2006 dua kajian yang dituangkan dalam persidangan Experimental Biology 2006 menerangkan lagi adanya manfaat kulit kayu manis sebagai agen anti-radangan dan menyokong kajian awal mengenai kuasa agen anti-oksida dan agen yang dapat mengurangi kadar kolesterol, triglyceride, dan glukosa dan meningkatkan fungsi insulin.
( cinnamon, health, kencing manis, natural remedies )

http://iradisa.blogspot.com/2009/06/khasiat-kulit-manis-alias-kayu-manis.html

http://penawaralami.wordpress.com/2007/08/02/kulit-kayu-manis/

1 komentar: