Sabtu, 12 September 2009

Trik Mudah Hindari Pelupa



Jika pelupa merupakan salah satu masalah yang sering Anda alami, ada baiknya Anda mencoba meminimalisirnya. Terkadang hal itu tampak sepele, namun bisa mengganggu rutinitas yang Anda jalankan terutama menyangkut pekerjaan yang memerlukan ingatan prima.

Bisa jadi awalnya Anda hanya melupakan hal-hal remeh seperti lupa membawa makan siang yang sudah disiapkan atau lupa mengambil hadiah dari pusat perbelanjaan. Namun, jika hal itu dibiarkan, bukan tak mungkin Anda akan melupakan hal-hal yang lebih penting. Misalnya, lupa menaruh tas yang berisi kunci rumah dan dokumen penting sampai lupa memenuhi jadwal bertemu klien penting.

Bila Anda merasa sudah melakukan segenap usaha mengatasi masalah lupa, tak ada salahnya mencoba beberapa cara yang direkomendasikan US National Librery of Medicine (NLM) untuk membantu meningkatkan daya ingat anda, yaitu :

* Solusi pertama, Anda jangan berhenti berusaha. Minimal, Anda buat target untuk meminimalisir sifat lupa. Misalnya, catat beberapa kali Anda lupa akan sesuatu dalam seminggu dan lakukan evaluasi.

* Dari hal sederhana, buat hubungan antara kata atau nama. NLM mencontohkan, "Jika Alex memperkenalkan Anda kepada Patty" maka anda mungkin akan mudah mengingatnya dengan menyebut inisial mereka A dan P.

* Cobalah untuk rileks bila merasa lupa akan sesuatu, lalu coba lagi mengingatnya atau jangan paksakan otak Anda untuk bekerja keras mencari jawabnya. Sebab, umumnya ingatan tersebut akan muncul sendiri.

* Bila Anda termasuk pribadi yang meremehkan keberadaan Teka-teki Silang (TTS), sebaiknya Anda mulai mengakrabkan diri. Tanpa disadari, saat anda mengisi TTS, anda secara tidak langsung telah melakukan latihan daya ingat.

* Kurangi minum alkohol.

* Ketika Anda telah mengingat hal yang Anda lupa, ulangi terus hingga menjadi semacam latihan.

* Coba berlatih dengan mengingat nama teman Anda dan wajahnya. Contoh sederhana, coba lihat buku tahunan jaman SMA atau kuliah lalu cocokan antara nama teman Anda dan wajahnya. Dari situ, Anda bisa mengasah daya ingat.

* Cara terakhir, bila usaha yang Anda lakukan tidak jua membuahkan hasil. Ada baiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter ahli. (healthday/cr2/rin)

By Republika Newsroom
Rabu, 02 September 2009 pukul 11:24:00

http://www.republika.co.id/berita/73494/Trik_Mudah_Hindari_Pelupa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar