Kamis, 10 September 2009

Tanaman Berduri dan Berbunga Indah



Euphorbia merupakan salah satu flora tropis yang memiliki ribuan jenis. Beberapa di antaranya termasuk jenis rumput-rumputan (perennials), tumbuhan semak (shrubs), dan ada pula yang bersifat sukulen (dapat menyimpan air pada batang).


Keberagaman jenis dalam satu genus euphorbia menjadi keunikan tanaman ini. Beberapa jenis, terutama yang bersifat sukulen, memiliki bentuk mirip kaktus. Begitu pula dengan sifatnya. Layaknya tanaman sukulen lainnya, euphorbia jenis ini juga mampu beradaptasi dengan lingkungan tumbuhnya. Tak heran jika beberapa jenis euphorbia berduri pada bagian batangnya.

Meski beragam bentuk, setiap jenis tanaman euphorbia disatukan oleh bentuk bunganya yang serupa. Bunganya berukuran kecil dan memiliki warna-warna yang cerah. Biasanya terdiri dari sebuah putik dan sebuah benang sari. Bunga-bunga indah ini bisa dengan mudah dinikmati. Karena euphorbia merupakan salah satu tanaman yang berbunga sepanjang tahun.

Untuk menanamnya, sama sekali tak sulit. Cukup sediakan media tanam yang cukup kelembapan. Tempatkan euphorbia pada area yang mendapat banyak sinar matahari.

Sebaiknya, hindari menempatkan flora tropis yang satu ini di dalam ruangan, karena ia sangat membutuhkan sinar matahari. Jika tetap ingin menempatkannya di dalam ruangan, rajin-rajinlah mengeluarkannya pada pagi hingga sore hari, agar kebutuhannya akan sinar matahari tercukupi.

Senin, 16 Maret 2009 | 15:03 WIB

KOMPAS.com

http://properti.kompas.com/read/xml/2009/03/16/15030399/tanaman.berduri.dan.berbunga.indah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar