Selasa, 29 September 2009

Ekonomi Syariah Diperdebatkan di Prancis


Sistem keuangan syariah memicu perdebatan sengit di Prancis. Negara Eropa sekuler kelas berat itu kelihatannya tengah memasuki booming perbankan syariah, sebagai salah satu indikasi dan dampak lain dari industri global.

"Kita tidak boleh membiarkan prinsip-prinsip hukum syariah, atau etika dari Al-Quran untuk diperkenalkan ke dalam hukum Prancis," ujar Henri Emmanuelli Sosialis kepada kantor berita Agence France Presse (AFP), kemarin (27/9).

Parlemen Prancis sendiri bulan ini, telah menyepakati sejumlah penyesuaian terhadap undang-undang perbankan perizininan sukuk (obligasi Islam) yang diterbitkan untuk pertama kalinya. Saat ini, Qatar Islamic Bank merupakan bank Islam pertama yang beroperasi legal di Prancis.

Pemerintah Prancis tampaknya berusaha menarik investasi miliaran dolar dari para pengusaha muslim, berharap untuk menggeser London sebagai ibukota Eropa keuangan Islam dengan menawarkan produk-produk yang sesuai dengan Syariah.


Sementara itu, Menteri Christine Lagarde dan Gubernur Bank Sentral Noyer Kristen menghadiri sebuah konferensi besar di Paris pekan ini yang dapat menghasilkan beberapa pengumuman untuk mempromosikan sistem keuangan Islam di Prancis. (em/iol/ika)

Esqmagazine.com
Senin, 28 September 2009 08:17:23

http://esqmagazine.com/internasional/2009/09/28/506/ekonomi-syariah-diperdebatkan-di-prancis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar