Jumat, 04 Desember 2015

Tujuh Tipu Daya Iblis untuk Sesatkan Manusia


Salah satu makhluk ciptaan Allah yang selalu membangkang adalah iblis dan ternyata ada tujuh macam tipu daya iblis untuk menjerumuskan manusia ke jalan kesesatan. Semua tipu daya iblis itu bertujuan agar setiap manusia dapat menemani mereka kelak sebagai penghuni neraka bersamanya. Apa saja ke-7 tipu daya iblis?

Tujuh Macam Tipu Daya Iblis Untuk Menyesatkan Manusia


Berikut adalah 7 tipu daya syaitan kepada umat Islam:

1. Syirik

Dosa besar yang tidak diampuni Allah adalah dosa syirik yaitu menyekutukan Allah dengan yang lainnya. Jika seseorang mati dalam keadaan syirik maka Allah tidak akan mengampuni dosanya dan dapat dipastikan dia akan menjadi penghuni neraka jahanam. Hal ini telah tertulis dalam Al-Qur’an yaitu QS. An-Nisa ayat 48. Iblis mengetahui akan hal ini sehingga dia berusaha menjerat manusia agar terperangkap dalam dosa syirik. Hal-hal yang menjurus pada kesyirikan yaitu percaya dengan adanya kekuatan ghaib pada benda tertentu seperti jimat, keris, batu, dll.

2. Bid’ah

Perangkap kedua yang telah disiapkan iblis adalah perangkap bid’ah. Bid’ah yaitu perbuatan yang berseberangan dengan sunnah Rosulullah atau perbuatan yang mengada-ada. Iblis akan menjerat manusia dengan membungkus bid’ah dengan baik sehingga terlihat seperti hal yang baik padahal malah berseberangan dengan ajaran Rosulullah, sehingga banyak manusia yang telah tertipu dengan perbuatan bid’ah dan malah membesar-besarkannya sebagai amalan yang benar dan harus dijalankan. Iblis lebih mencintai manusia yang tersesat dalam perangkap bid’ah dari pada manusia yang berbuat maksiat karena seseorang yang berbeuat maksiat memiliki peluang yang besar untuk bertaubat.

3. Dosa besar

Iblis selalu menggoda manusia untuk melakukan dosa besar karena seseorang yang telah melakukan dosa besar dan telah terbiasa melakukannya maka dia akan jauh terhadap Allah dan keyakinan kepada Allah akan pudar sejalan dengan waktu. Yang termasuk dalam dosa besar yaitu berzina, membunuh, merampok, mencuri, riba, menyuap, korupsi, dll. Seseorang yang terbiasa melakukan dosa besar ini hatinya akan tertutup dan menjauhkannya dari Allah kecuali jika dia menghadapi tipu daya Setan dengan segera bertaubat.

4. Dosa kecil

Jangan remehkan dosa kecil karena jika dilakukan secara berkala dan terus menerus akan menumpuk sehingga akan menjauhkan kita dari Allah. Sebagian besar manusia tidak menyadari telah melakukan dosa kecil sehingga mereka melakukannya lagi di waktu lain, inilah yang diketahui iblis sehingga iblis selalu mendorong manusia agar melakukan dosa kecil secara sesering mungkin.

5. Amalan mubah

Amalan mubah yaitu amalan yang diperbolehkan untuk dilaksanakan, tetapi ternyata iblis telah membungkus amalan mubah lebih menarik sehingga manusia lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk melakukan amalan mubah yang tidak bermanfaat dan jika berlanjut dapat menimbulkan dosa. Maka kita harus mewaspadai tipu daya setan ini.

6. Meninggalkan amalan utama

Iblis telah banyak mengelabui manusia untuk lebih memfokuskan diri pada amalan yang kurang utama dibandingkan dengan amalan utama yang harus dikerjakan. Contohnya saat ini banyak manusia yang berbuat baik kepada orang lain tetapi malah bertengkar dengan saudaranya sendiri, lebih mengutamakan ibadah sunnah dari pada yang wajib, berdakwah kesana kemari tetapi anak dan istrinya malah ditelantarkan. Hal ini sungguh salah kaprah, inilah tipu daya iblis yang dapat menyesatkan manusia ke jalan yang sesat.

7. Memusuhi secara terang-terangan

Jika ke-6 tipu daya iblis itu tidak berpengaruh pada manusia maka langkah selanjutnya adalah iblis akan melakukan permusuhan secara terang-terangan, hal ini banyak dilalui oleh para Nabi dan Rosul, iblis secara terang-terangan mengintimidasi, mengancam, dan memusuhi secara terang-terangan.

Itulah beberapa informasi seputar tujuh macam tipu daya iblis untuk menjerumuskan manusia ke lembah dosa sehingga menjadi teman di neraka kelak bersama dengan iblis, semoga kita dapat terhindar dari tipu daya iblis.


http://m.log.viva.co.id/news/read/707293-tujuh-tipu-daya-iblis-untuk-sesatkan-manusia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar