Jumat, 04 Desember 2015

Cantiknya Ikan-Ikan Tropis Termahal di Dunia


Wilayah tropis memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain yang mempunyai empat iklim. Salah satunya adalah potensi laut yang melimpah. Kekayaan tropis terutama bisa dilihat pada berbagai jenis ikan tropis yang cantik. Kecantikan ikan tropis kadang dihargai sangat tak masuk akal. Beberapa jenis tertentu bahkan berharga milyaran. Namun, lima jenis ikan tropis ini adalah yang termahal di dunia. Apa saja?

GOLDEN BASSLET


Ikan Kerapu termasuk salah satu jenis ikan tropis yang melimpah di lautan. Namun, dari berbagai jenis kerapu yang ada di lautan, salah satunya merupakan jenis ikan tropis termahal, yaitu Kerapu Golden Basslet. Harga ikan ini mencapai Rp 104 juta. Beberapa hal yang menyebabkan ikan ini menjadi sangat mahal adalah karena habitatnya berada di laut dalam. Selain itu ikan ini sangat sulit ditemukan. Namun, ikan ini mempunyai keunggulan tahan terhadap perubahan ekosistem, semisal dipindah ke penangkaran.

BLADEFIN BASSLET


Sesuai namanya, ikan ini mempunyai sirip yang menyerupai pisau. Ikan kecil lucu yang sedikit mirip dengan ikan populer Nemo ini berharga mencapai US$10.000 atau kurang lebih Rp 130 juta. Ikan jenis ini banyak terdapat di Laut Karibia. Namun saat ini ikan Bladefin Basslet semakin sulit ditemukan di alam liar karena populasinya yang semakin berkurang. Hal ini juga menyebabkan harga ikan lucu berwarna orange putih ini semakin mahal.

PEPPERMINT ANGELFISH


Yang pertama, ikan ini merupakan ikan yang sangat langka sehingga berharga sangat mahal yaitu Rp 390 juta. Akan tetapi, selain karena langka, ikan ini juga sangat cantik dan eksotis. Pada tahun 2012 lalu, hanya ada seekor ikan Peppermint Angelfish di dalam Aquarium Waikiki. Sejak itulah ikan berwarna oranye mencolok ini menjadi buruan para kolektor ikan-ikan tropis mahal untuk melengkapi koleksi mereka.

FRESHWATER POLKADOT STINGRAY


Ikan Pari terkenal karena bentuk tubuhnya yang unik, yang berenang dengan cara mengepakkan sirip seperti burung. Di kalangan penghobis ikan hias tropis, ikan pari pun terkenal. Salah satu yang berharga sangat mahal adalah Freshwater Polkadot Stingray. Ikan pari dengan motif polkadot atau totol-totol di tubuhnya ini berharga mencapai Rp 1,3 Milyar. Ikan pari jenis ini mempunyai bentuk kepala agak membulat. Untuk menjaga kelangsungan populasi ikan pari jenis ini dibutuhkan bantuan dari manusia karena bentuk yang membulat itu malah sedikit menyulitkan bagi ikan ini untuk makan.

ARWANA PUTIH


Namun, dari keempat daftar ikan termahal di atas, belum ada yang mampu mengalahkan harga fantastis dari ikan air tawar ini. Dengan harga fantastis mencapai Rp 5,2 Milyar, ikan Arwana Putih merupakan ikan air tawar sekaligus ikan paling mahal di dunia. Ikan Arwana Putih merupakan hasil dari mutasi genetik yang langka sehingga sangat sulit dijumpai. Berbeda dengan jenis arwana lain seperti Arwana Merah, Hijau, Kuning Perak, atau Hitam. Ikan yang mampu mencapai usia 50 tahun ini banyak ditemukan di perairan Amerika Selatan, Asia Tenggara, serta Afrika.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar