Senin, 07 Desember 2015

Enam Tanda Anda (Harusnya) Sudah Bahagia


Enam Tanda Anda (Harusnya) Sudah Bahagia

What is happiness ? 

Orang-orang menanyakan ini bahkan sebelum manusia mengenal peradaban. Manusia perlu bahagia karena itu hak terbesar kedua setelah kehidupan itu sendiri. Orang-orang bertanya ke siapa saja tentang menjadi bahagia. Orang-orang menulis artikel dan buku tentang menjadi bahagia. Orang-orang berguru dan bersemedi untuk menjadi bahagia. 

Bahagia itu bukan sesuatu yang misterius. Bahagia bukan zat abstrak yang hanya bisa dijelaskan dengan cara-cara spiritual. Anda dan saya tahu bahagia itu ada dan sudah disiapkan untuk semua orang, tapi kita kadang tidak menyadari keberadaannya. 

Kalau disederhanakan, bahagia itu adalah tentang merasa cukup. Masalahnya, manusia sulit untuk merasa cukup, tapi mudah menilai kecukupan orang lain. Kita bisa dengan mudah menilai seseorang sudah bahagia, tapi kita selalu merasa kesulitan menjawab pertanyaan, "apakah saya sudah bahagia?" 

Mengenai rasa cukup, banyak orang berpikir, cukup adalah selalu tentang harta. Itu tidak salah. Harta adalah salah satu bentuk kecukupan yang bisa menjadi jalan menuju kebahagiaan, tapi Harta bukanlah Kebahagiaan itu sendiri. 

Orangtua saya tidak punya banyak harta. Mereka punya rumah sendiri di umur lima puluh tahun. Sampai sekarang mereka belum pernah membeli mobil baru, bahkan mereka masih punya pinjaman di koperasi kantor, dua tahun sebelum mereka pensiun. 

Apakah mereka bahagia? Ya! Mereka bahagia karena menurut mereka kebahagiaan bukan berarti harta yang melimpah. 

*** 

Kebahagiaan adalah tentang merasa cukup. 

Kesalahan yang sering terjadi adalah, kita merasa belum berbahagia karena kita belum punya byproducts dari kebahagiaan. Kita belum punya mobil, kita merasa belum bahagia. Belum punya rumah, belum bahagia. Belum punya iPhone terbaru, belum merasa bahagia. Kita belum merasa cukup karena kita terlalu sibuk membandingkan "kebahagiaan" menurut kita dengan orang lain yang kita anggap sudah berbahagia. 

Masih ingat bagaimana saya tulis sebelumnya, manusia lebih mudah menilai orang lain bahagia daripada menilai dirinya sendiri? 

Jadi apa tanda bahwa Anda sudah pantas merasa bahagia? 

1, Dicintai. 
Warren Buffet mengatakan cara terbaik mengukur kebahagiaan dan kesuksesan adalah dengan menghitung jumlah orang yang mencintai Anda. Bagaimana caranya supaya Anda dicintai? Dengan bersikap baik, ramah dan peduli. Tidak selamanya memberikan uang kepada orang lain bisa membuat Anda dicintai. 

2, Keluarga. 
Kalau yang pertama adalah tentang dicintai, yang kedua adalah tentang mencintai. Anda berbahagia kalau Anda punya orang-orang baik di sekitar Anda yang ada saat diperlukan. Anda menyayangi mereka dan tidak mau kehilangan mereka. Banyak orang yang mengharapkan keluarga yang Anda miliki saat ini, tapi mereka belum bisa mendapatkannya. 

3. Bebas. 
Bebas secara fisik dan secara finansial. Anda tidak sedang dipenjara dan kalaupun Anda bisa membaca ini di penjara, berarti Anda lebih berbahagia dibandingkan narapidana lain. Kebebasan financial berarti berbicara tentang uang. Uang tidak bisa menyelesaikan semua masalah, tapi uang bisa menyelesaikan masalah keuangan Anda. Kalau Anda tidak pernah takut terlambat membayar tagihan dan tidak takut kelaparan besok, berarti Anda sudah bisa mengaku berbahagia. 

4, Kemewahan. 
Bukan tentang barang yang mahal, tapi tentang kemampuan Anda untuk menikmati hidup dengan cara Anda sendiri. Anda tidak perlu takut tidak makan kalau Anda mengambil cuti dan berlibur beberapa hari dalam satu tahun. 

5, Kesehatan. 
Agak klise memang, tapi kalau Anda merasa sehat dan belum punya jadwal kunjungan ke rumah sakit untuk pemeriksaan dan perawatan rutin, Anda sudah pantas disebut berbahagia. Anda bisa merasa sehat setiap hari berarti hidup Anda masih berjalan dengan baik. 

6, Kepuasan. 
Anda bisa mengerjakan sesuatu dan menikmati hasilnya. Hal-hal kecil seperti ucapan terimakasih dari atasan atau rekan kerja karena Anda bisa menunjukkan kemampuan terbaik Anda di kantor adalah hasil pekerjaan yang bisa Anda nikmati. Anda bisa melakukan hal-hal yang Anda suka tanpa merasa terpaksa dan terbeban adalah bentuk kebahagiaan dalam hidup Anda. 

Jadi, masih belum merasa berbahagia?


Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/rickybrahmana/enam-tanda-anda-harusnya-sudah-bahagia_56653c7793937348079cb35e

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar