Sabtu, 25 Agustus 2012

Berlomba Dalam Kebajikan (2)


Dalam kehidupan ini kita menemukan banyak orang yang tidak menyegerakan kepada kebaikan bahkan kebanyakan terburu-buru dalam kemaksiatan, dan saat seperti itulah peran setan bermain yaitu menghalang-halangi manusia berbuat baik dan terburu-buru dalam berbuat keburukan. 

Dalam sebuah Hadist Nabi bersabda :
“Sesungguhnya suatu kebaikan yang menuju pintu surga itu dipagari oleh kesenangan yang menipu”

“Maka berlomba-lombalah kalian kepada amalan-amalan kebaikan.”
(al-Baqarah: 148)

“Bersegeralah kalian kepada ampunan dari Rabb kalian dan kepada surga yang seluas langit-langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.” (Ali Imran: 133)

Perlombaan/persaingan dalam kebajikan berbeda dgn  persaingan dalam dunia bisnis. Karena apa yang terhampar di alam raya ini sangat terbatas dibanding dgn  apa yang terdapat di sisi Allah. Bahkan bisa jadi dalam dunia bisnis yang diperebutkan hanya satu tanpa ganti, apalagi jika pandangan hanya tertuju kepada sekarang dan di sini.

Ini berbeda dgn  berinteraksi dgn  Allah yang bukan saja lapangan pengabdian kepada-Nya tidak terbatas. Karena pandangan tentang perlombaan, mestinya tidak hanya di sini dan sekarang tetapi juga nanti dan masa datang di akhirat sana. 

Perlombaan tidak boleh dilakukan dgn  cara menipu, curang, menohok kawan dst. Berlombalah dgn  cara yang paling sehat.

Ibarat kata pepatah,
“Jika anda ingin cahaya lampu anda dilihat orang, jangan padamkan lampu orang lain. Namun, pompa lah lampu anda sekuatnya, sehingga nayala dan cahayanya menjadi yang paling terang. Niscaya, orang lain akan melirik cahaya lampu anda.”

Apa yang di sisi kamu akan habis/lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dgn  pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. 
[QS 16: 96].


Yaa Allah
semakin khawatir hidup kami yg mulai khilaf, padahal bulan Ramadhan baru aja berlalu. Tolonglah kami bisa menjaga kesucian hidup ini yg kami tempa di bulan Ramadhan, tetap kami amalkan pada bulan berikutnya.

Yaa Allah Yaa Tuhan kami.
Puji dan syukur kpd-Mu. Masih Engkau berikan kesempatan menghirup segarnya udara dihari yg cerah ini. Dihari yg penuh harapan ini, hindarkanlah kami dari segala penyakit, baik penyakit jasmani maupun rohani. Jauhkanlah kami dari ketergantungan yg tidak baik dan jauhkanlah kami dari kebiasaan hidup yg tidak baik

Yaa Allah,
berilah kpd orang tua kami, keluarga dan saudara2 kami yg sedang dilanda musibah/sakit dgn kesembuhan, kesabaran dan ketabahan. Lindungilah kami dari penyakit tak tersembuhkan serta dari bahaya yg nyata.

Yaa Allah Yaa Tuhan kami
Berkahilah kami dgn rezeki yg baik, halal dan bermanfaat.. Karuniailah kami anak² yg sholeh sholehah. Tempatkanlah kami pada suasana dan tempat yg penuh dgn ridhlo dan keberkahanMu

Yaa Allah Yaa Tuhan kami
Setiap hari kami berharap lebih atas ampunanMu, dekatkanlah kami dgn kehidupan sehat dunia dan kebaikan akhiratMu.
Yaa Robbi Kabulkanlah do'a kami


Tidak ada komentar:

Posting Komentar