Selasa, 08 Januari 2013

8 Nama Pintu Surga





Surga yang dijanjikan Allah kepada hambaNya yang patuh dan taat terhadap perintahNya serta berhati-hati dalam mengarungi kehidupan di dunia dalam beribadah kepada Allah sangat luas. Umat Islam diperintah untuk bergegas melakukan ibadah yang membuat dirinya masuk surga yang luasnya seluas langit dan bumi.

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa (QS Ali Imran [3]: 133).

Bahkan kemudian surga yang sangat luas itu pantas kalau memiliki nama-nama sebagaimana disebut dalam Al Quran, yiautu sebagai berikut:

1. Surga ‘Adn

Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (yaitu) surga `Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu; (sambil mengucapkan): "Salamun `alaikum bima shabartum". Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu. (QS Ar Ra’du: 022-24)

2. Surga Na’im ( surga kenikmatan )

Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu (masuk surga). Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam surga keni`matan. 
(QS Al Waqi’ah: 10-12)

3. Surga Ma’wa ( tempat tinggal )

Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, maka bagi mereka surga-surga tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang telah mereka kerjakan. 
QS As Sajdah: 19

“Maka sesungguhnya surga ma’walah tempat tinggal(nya)”. 
QS An Nizat, ayat 41:

4. Surga Firdaus

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, 
(QS Al Kahfi: 107.)

5. Surga Darus Salam ( Surga yang penuh kesejahteraan )

Dan inilah jalan Tuhanmu; (jalan) yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami) kepada orang-orang yang mengambil pelajaran. Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan. 
(QS Al An’am: 126-127)

6. Surga Darul Khulud ( Negeri Abadi )

masukilah surga itu dengan aman, itulah hari kekekalan. 
(QS Qaf: 034)

7. Surga Darul Muqamah ( tempat kediaman )

Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu". (QS Fathir: 035.)

8. Surga Maqam Amin
( tempat yang aman )

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (QS Ad Dukhan: 051.)

Demikianlah 8 (delapan) nama Surga, Mudah-mudahan kaum Muslimin terpacu/termotivasi untuk memperbaiki dan meningkatkan segala bentuk peribadatan dan penghambaan kepada Allah SWT untuk meraih ridho Allah yang telah dititipkan kepada surga.

Saudaraku, tidak usahlah kita khawatir tidak kebagian surga, karena surga yang dijanjikan Allah itu teramat luas, sepanjang keimanan, keta'atan dan ketaqwaan kita bagus menurut Allah (bukan menurut diri sendiri, insya Allah kita betul-betul akan meraihnya kelak. Aamiin. Wallahu a'lam.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar