Selasa, 22 Januari 2013

waktu Untuk Bersyukur



Assalaamualaikum wa rahmatullaahi wa barakatuh

Hidup di dunia sebentar saja, sekadar mampir sekejap mata. Namun, waktu yg sebentar itu pula yg bisa menjerumuskan seorang anak manusia ke jurang kehinaan dan kecelakaan dunia dan akhirat. Hal itu karena godaan kenikmatan duniawi sangatlah menggiurkan shg bisa meluruhkan kekuatan iman.
Allah SWT memang menguji manusia dgn memberikan "hiasan" pada dirinya berupa kesenangan syahwat thd wanita, harta benda, dan jabatan. Saat memenuhi hasrat kesenangan itulah manusia sering melanggar batas yg sudah ditentukan Allah SWT.. Kelemahan iman, kekeringan rohani dari cahaya kebenaran Islam, dan bisikan syetan merupakan penyebab utama manusia terjerumus ke jurang kenistaan.

Dengan atau tanpa sadar, kita harus senantiasa mawas diri dan menjaga diri, barangkali kita selama ini terbuai dengan kehidupan dunia, waktu habis untuk memikirkan dan mengejar kesenangan dunia semata, sehingga mengabaikan persiapan dan melupakan bekal untuk kehidupan kelak di akhirat.

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini kita bergelut dan berpacu dengan waktu. Dan bagi seorang Muslim, waktu sangat penting artinya. Bahkan dalam QS Al-'Ashr <103>: 1-3 Allah SWT bersumpah dengan waktu. Hal itu menunjukkan betapa kita harus mempergunakan waktu hidup di dunia ini untuk beriman dan beramal shalih. Terlebih, dalam ayat tersebut dinyatakan, semua manusia akan merugi kecuali mereka yang beriman dan beramal shalih, serta saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran.

Kita harus merenung diri, apakah waktu2 kita yg telah berlalu itu kita isi dgn amal-perbuatan yg tidak melanggar hukum Allah? Apakah waktu2 kita justru diisi dgn amal yg mengabaikan dan melupakan perintah dan larangan-Nya? Apakah waktu2 yg kita lalui telah kita isi dgn amal shalih, ataukah dgn kesia-siaan bahkan kemaksiatan? Na'udzubillah.

Ya Allah,...
Segala puji dan syukur atas segala nikmat yg telah Engkau karuniakan kpd-ku sampai detik ini, baik nikmat sehat wal'afiat, nikmat panjang umur, nikmat iman serta nikmat islam.

Ya Allah,...
Jadikanlah aku hambaMu yg pandai bersyukur, mudahkan bagiku segala yg sukar, dan berilah jalan keluar dari setiap kesulitan, serta jauhkan dariku segala kemudaratan.

Ya Allah,...
Peliharalah keimananku agar selalu tetap dalam jalanMu, jauhkan aku dari kefakiran karena aku takut fakirku akan membuatku kufur akan nikmat-Mu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar