Kamis, 18 Juni 2009

Beri Salam, Kepada Ratu Lebah



Dalam budaya Asia, Royal Jelly disebut-sebut sebagai Tonik penambah umur yang meningkatkan energi kekuatan dan imunitas, kaya akan vitamin dan kolagen. Royal Jelly digunakan untuk memberi makan ratu lebah, jika jika diberi makan yang sama dengan lebah pekerja, maka rentang hidup ratu lebah akan sama dengan lebah pekerja, tujuh hingga delapan minggu.

Akan tetapi ratu lebah diberi makan royal jelly sehingga ia bisa hidup selama lima hingga tujuh tahun. Royal Jelly juga dapat mengatasi tumor, terutama tumor jenis sarkoma-tumor ganas yang berkembang seperti jaringan ikat, terutama pada tulang dan otot.

Protein antibakteri yang terkandung dalam royal jelly, yang bernama royalisin, sangat ampuh untuk melawan bakteri tertentu, termasuk streptokokus dan staphyiococcus. Royal Jelly tersedia dalam bentuk suplemen di toko obat herbal dan makanan sehat.

Dua produk lebah yang mungkin mengejutkan anda karena manfaatnya adalah Pollen dan Propolis. Pollen kaya akan vitamin, mineral enzym, dan asam amino. Pollen melindungi hati dari racun dan bermanfaat bagi kaum pria untuk membesarkan prostat dan meningkatkan energi serta vitalitas.
Para lebah menggunakan Propolis, yang terutama terdiri dari pohon damar, untuk menutup retakan pada sarang yang berfugsi juga sebagai lapisan pelindung terhadap mikroba dan organisme lain.

Ia merupakan Flavonoid yang mengandung baik anti oksidan maupun anti peradangan. Propolis juga mengandung terpenoid yang memiliki kandungan anti bakteri, anti virus, anti jamur dan anti protozoa seperti layaknya resep antibiotik.

Propolis mencegah pembagian sel bakteri dan menangkis invasi dinding sel organisme dan sitoplasma. Bahan ini tersedia dalam bentuk kapsul atau madu yang kaya akan propolis. Jika zat-zat ini bergizi dan berfungsi melindungi pada lebah, maka ini dapat berfungsi pula pada manusia.

Disadur dari buku secrets of longevity, karangan Dr. Maoshing Ni (Pakar pengobatan anti-penuaan Taois)

Salam,
Hilman Muchsin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar