Kamis, 18 Juni 2009

Bernapas, menyingkirkan racun


Bernapas, aktivitas independent pertama kita saat dilahirkan dianggap sebagai suatu hal yang berfungsi secara otomatis. Akan tetapi, karena kebiasaan yang berkembang sebagai respons dari penyakit, trauma emosi, dan pengalaman lain, banyak orang yang tidak bernapas secara benar.

Diperkirakan bahwa kita hanya membuang sekitar 30 % racun di dalam tubuh kita melalui feces, dan urine - sisanya dibersihkan melalui sistem pernapasan. Dengan kata lain, jika anda tidak bernapas dengan benar, sama dengan mengumpulkan racun dan sampah dalam tubuh anda.
Praktikanlah pernapasan bengan diapragma yang dalam dengan ritma pelan setiap hari, dan anda akan mendapatkan energi yang lebih baik, memperbaiki corak kulit, menjernihkan pikiran, dan menigkatkan suasana hati. Disiplin pikiran-tubuh seperti tai chi, yoga, qigong, dan meditasi dapat membantu bernapas lebih baik.

Tetap aktif dan berolahraga secara rutin adalah dasar untuk menjalani kehidupan yang panjang dan sehat. Tidak mengejutkan jika binatang yang dikurung dalam kandang mempunyai lebih banyak masalah kesehatan dan berumur lebih pendek dibandingkan dengan binatang yang dibiarkan bebas.
Penelitian pada manusia menyatakan hal tersebut sebagai peraturan bahwa, semakin aktif anda, semakin lama anda akan hidup. Dalam sebuah penelitian, kelompok yang membakar lebih dari 3500 kalori per minggu hidup lebih lama. Menjadi orang malas dapat memperpendek umur anda.

Disadur dari buku "secrets of longevity", karangan Dr. Maoshing Ni (Pakar pengobatan anti-penuaan Taois)

Salam,
Hilman Muchsin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar