Kamis, 14 Januari 2016

Tentang larangan berlaku dhalim


Firman Allah SWT :
وَ الَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَهُمُ اْلبَغْيُ هُمْ يَنْتَصِرُوْنَ. وَ جَزؤُا سَيّئَةٍ سَيّئَةٌ مِثْلُهَا، فَمَنْ عَفَا وَ اَصْلَحَ فَاَجْرُه عَلَى اللهِ، اِنَّه لاَ يُحِبُّ الظّلِمِيْنَ. وَلَمَنِ انْتَصَرَ بَعْدَ ظُلْمِه فَاُولئِكَ مَا عَلَيْهِمْ مّنْ سَبِيْلٍ. اِنَّمَا السَّبِيْلُ عَلَى الَّذِيْنَ يَظْلِمُوْنَ النَّاسَ وَ يَبْغُوْنَ فِى اْلاَرْضِ بِغَيْرِ اْلحَقّ، اُولئِكَلَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ، وَ لَمَنْ صَبَرَ وَ غَفَرَ اِنَّ ذلِكَ لَمِنْ عَزْمِ اْلاُمُوْرِ. الشورى:39-43
Dan (bagi) orang-orang yang apabila mereka diperlakukan dengan dhalim  mereka membela diri. Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, makabarangsiapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang dhalim. Dan sesungguhnya orang-orang yang membela diri karena teraniaya,  maka tidak ada jalan untuk menyalahkan mereka. 
Sesungguhnya ada jalan (untuk menyalahkan) orang-orang yang berbuat dhalim  kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi  tanpa hak. Mereka itu mendapat adzab yang pedih. Tetapi orang yang bershabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian termasuk hal-hal yang diutamakan
[Asy-Syuura : 39 - 43]

Hadits-hadits Nabi SAW :
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اَلْمُسْلِمُ اَخُو اْلمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَ لاَ يَخْذُلُهُ، وَ لاَ يَحْقِرُهُ ، اَلتَّقْوَى ههُنَا. وَ يُشِيْرُ اِلَى صَدْرِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ، بِحَسْبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرّ اَنْ يَحْقِرَ اَخَاهُ اْلمُسْلِمَ. كُلُّ اْلمُسْلِمِ عَلَى اْلمُسْلِمِ حَرَامٌ دَمُهُ وَ عِرْضُهُ وَ مَالُهُ. مسلم 4: 1986

Dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda, “Orang Islam itu saudaranya orang Islam yang lain.Tidak boleh berlaku dhalim kepadanya, tidak boleh membiarkannya (dengan tidak mau menolongnya), dan tidak boleh menghinakannya. 
Taqwa itu di sini”, sambil menunjuk dada beliau tiga kali. “Cukuplahseseorang itu berbuat jahat apabila ia merendahkan saudaranya orang Islam yang lain.Tiap-tiap orang Islam  terhadap orang Islam yang lain adalah haram darahnya,kehormatannya dan harta  bendanya”. [HR. Muslim juz 4, hal. 1986]

عَنْ اَبِى ذَرّ رض عَنِ النَّبِيّ ص فِيْمَا يَرْوِى عَنْ رَبّهِ عَزَّ وَ جَلَّ اَنَّهُ قَالَ: يَا عِبَادِى اِنّى حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِى، وَ جَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا فَلاَ تَظَّالَمُوْا. مسلم و الترمذى و ابن ماجه
Dari Abu Dzarr RA dari Nabi SAW didalam apa yang beliau riwayatkan dari Tuhannya'Azza wa jalla, sesungguhnya Dia berfirman, “Wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya Aku  telah mengharamkan kedhaliman atas diri-Ku  dan Aku menjadikannya pula haram diantara kalian, maka janganlah kalian saling berlaku dhalim”
[HR. Muslim, Tirmidzi danIbnu Majah]
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِتَّقُوا الظُّلْمَ فَاِنَّ الظُّلْمَ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ، وَ اتَّقُوا الشُّحَّ فَاِنَّ الشُّحَّ اَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ، حَمَلَهُمْ عَلَى اَنْ سَفَكُوْا دِمَاءَهُمْ، وَ اسْتَحَلُّوْا مَحَارِمَهُمْ. مسلم 4: 1996

Dari Jabir bin ‘Abdullah RA, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Jauhkanlahkalian dari berlaku dhalim, karena sesungguhnya (berlaku) dhalim itu  (menyebabkan)kegelapan pada hari qiyamat, dan jauhkanlah kalian dari (berlaku) kikir,  karena sesungguhnya kikir itulah yang telah membinasakan orang-orang sebelum  kalian dan bisa mendorong mereka hingga menumpahkan darah dan menghalalkan  yang haram”.  [HR. Muslim juz 4, hal. 1996]
عَنِ اْلهِرْمَاسِ بْنِ زِيَادٍ رض قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَخْطُبُ عَلَى نَاقَتِهِ، فَقَالَ: اِيَّاكُمْ وَ اْلخِيَانَةَ فَاِنَّهَا بِئْسَتِ اْلبِطَانَةُ، وَ اِيَّاكُمْ وَ الظُّلْمَ فَاِنَّهُ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ، وَ اِيَّاكُمْ وَ الشُّحَّ فِاِنَّمَا اَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمُ الشُّحُّ، حَتَّى سَفَكُوْا دِمَاءَهُمْ، وَ قَطَّعُوْا اَرْحَامَهُمْ.الطبرانى فى الكبير و الاوسط فى الترغيب و الترهيب 3: 184

Dari Al Hirmas bin Ziyad RA, 
ia berkata : Saya pernah melihat Rasulullah SAW berpidatodi atas ontanya. 
Beliau bersabda, “Jauhkanlah kalian dari khianat, karenasesungguhnya khianat itu seburuk-buruk  perilaku, jauhkanlah kalian dari dhalim, karena sesungguhhya dhalim itu  (menyebabkan) kegelapan-kegelapan pada hari qiyamat, dan jauhkanlah kalian dari kikir,  karena sesungguhnya kikir itu telah membinasakan orang-orang sebelum kalian  sehingga mereka menumpahkan darah dan memutus persaudaraan”. [HR. Thabarani di dalam Al-Kabir dan Al-Ausath, dalam Targhib watTarhib juz 3, hal. 184]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اَتَدْرُوْنَ مَا اْلمُفْلِسُ؟ قَالُوْا: اَلْمُفْلِسُ فِيْنَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَ لاَ مَتَاعَ. فَقَالَ: اِنَّ اْلمُفْلِسَ مِنْ اُمَّتِى مَنْ يَأْتِى يَوْمَ اْلقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَ صِيَامٍ وَ زَكَاةٍ وَ يَأْتِى وَ قَدْ شَتَمَ هذَا، وَ قَذَفَ هذَا، وَ اَكَلَ مَالَ هذَا. وَ سَفَكَ دَمَ هذَا، وَ ضَرَبَ هذَا؛ فَيُعْطَى هذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ، وَ هذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ، فَاِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ اَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ اُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِى النَّارِ. مسلم 4: 1997

Dari Abu Hurairah RA ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda, 
“Tahukah kamusiapakah orang yang disebut pailit itu ?”. Jawab shahabat, “Orang yang disebut pailitdiantara kami ialah orang yang tidak punya dirham dan tidak punya barang-barang”.Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang disebut pailit dari ummatku ialahorang yang datang pada hari qiyamat lengkap dengan membawa (pahala) shalatnya,puasanya dan zakatnya. Tetapi di  samping itu ia telah mencaci ini dan menuduh ini,memakan hartanya ini dan  menumpahkan darahnya ini dan memukul ini, makadiberikan kepada orang yang dianiaya itu dari (pahala) kebaikan amalnya, dan kepadaorang yang lainnya lagi (dari pahala) kebaikan amalnya. Maka apabila telah habis(pahala) kebaikannya itu dan belum terbayar  semua tuntutan orang-orang yang pernahdianiaya itu, maka diambilkan dari dosa-dosa orang yang telah dianiaya itu dan ditanggungkan kepadanya,  lalu ia dilemparkan ke neraka”. [HR. Muslim juz 4, hal. 1997]
عَنْ اَبِى حُمَيْدٍ السَّاعِدِيّ رض قَالَ: اِسْتَعْمَلَ النَّبِيُّ ص رَجُلاً مِنَاْلاَزْدِ يُقَالُ لَهُ ابْنُ اْلاُتَبِيَّةِ عَلَى الصَّدَقَةِ. فَلَمَّا قَدِمَ قَالَ: هذَا لَكُمْ وَ هذَا اُهْدِيَ لِى، قَالَ: فَهَلاَّ جَلَسَ فِى بَيْتِ اَبِيْهِ اَوْ بَيْتِ اُمّهِفَيَنْظُرَ اَ يُهْدَى لَهُ اَمْ لاَ. وَ الَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لاَ يَأْخُذُ اَحَدٌ مِنْهُ شَيْئًا اِلاَّ جَاءَ بِهِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ يَحْمِلُهُ عَلَى رَقَبَتِهِ اِنْ كَانَ بَعِيْرًا لَهُ رُغَاءٌ اَوْ بَقَرَةً لَهُ خُوَارٌ اَوْ شَاةً تَيْعِرُ. ثُمَّ رَفَعَ بِيَدِهِ حَتَّى رَاَيْنَا عُفْرَةَاِبْطَيْهِ: اَللّهُمَّ هَلْ بَلَّغْتُ، اَللّهُمَّ هَلْ بَلَّغْتُ ثَلاَثًا. البخارى 3: 136

Dari Abu Humaid As-Saa’idiy RA ia berkata 
 : Rasulullah SAW pernah mengangkatseseorang dari suku Al-Azdi yang bernama Ibnul Utabiyyah untuk mengumpulkan zakat.Setelah orang itu kembali kepada Rasulullah SAW, ia berkata, “Yang ini buat kamu danini untuk saya (saya mendapat hadiah dari orang-orang)”.  Maka Rasulullah SAWbersabda, “Kenapa ia tidak duduk menanti di rumah bapaknya saja atau di rumahibunya, apakah ia akan diberi hadiah atau tidak. Demi Tuhan yang jiwaku di tangan-Nya,tidaklah seseorang mengambil sesuatu darinya kecuali ia akan datang pada hariqiyamat dengan membawanya di tengkuknya. Maka ada yang membawa unta yangbersuara, atau lembu yang melenguh, atau kambing yang mengembik”. Kemudianbeliau mengangkat tangannya sehingga kami melihat putih kedua ketiaknya, beliauberdoa, “Alloohumma hal ballaghtu, Alloohumma hal ballaghtu”. (Ya Allah, bukankahsudah aku sampaikan), beliau mengucapkannya tiga kali. [HR. Bukhari juz 3, hal. 136]
عَنْ عَلِيّ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: يَقُوْلُ اللهُ: اِشْتَدَّ غَضَبِى عَلَى مَنْ ظَلَمَ مَنْ لاَ يَجِدُ لَهُ نَاصِرًا غَيْرِى. الطبرانى فى الصغير و الاوسط، فىالترغيب و الترهيب 3: 188
Dari Ali RA, ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda : Allah berfirman, “Aku sangatmurka kepada orang yang berbuat dhalim terhadap orang lain yang orang  itu tidak mempunyai penolong selain Aku”
[HR. Thabarani di dalam Ash-Shaghir dan Al-Ausath, dalam Targhib wat Tarhib juz 3, hal. 188]
عَنْ اُمّ سَلَمَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّكُمْ تَخْتَصِمُوْنَ اِلَيَّوَلَعَلَّ بَعْضَكُمْ اَنْ يَكُوْنَ اَلْحَنَ بِحُجَّتِهِ مِنْ بَعْضٍ فَاَقْضِى لَهُ عَلَى نَحْوٍ مِمَّا اَسْمَعُ مِنْهُ فَمَنْ قَطَعْتُ لَهُ مِنْ حَقّ اَخِيْهِ شَيْئًا فَلاَ يَأْخُذْهُفَاِنَّمَا اَقْطَعُ لَهُ بِهِ قِطْعَةً مِنَ النَّارِ. مسلم 3: 1337

Dari Ummu Salamah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, 
“Sesungguhnya kalian mengadukan perselisihan kepadaku,  barangkali sebagian kalian  lebih pintar berhujjah (beralasan) dari pada sebagian yang lain, kemudian  aku memberikan keputusan kepadanya  berdasarkan apa yang aku dengar darinya.  Maka barangsiapa yang aku beri  sepotong dari haq saudaranya, maka janganlah  ia mengambilnya, karena berarti aku memberinya sepotong api neraka”
[HR. Muslim juz 3, hal 1337]
عَنْ اَنَسٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اُنْصُرْ اَخَاكَ ظَالِمًا اَوْمَظْلُوْمًا، قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، هذَا نَنْصُرُهُ مَظْلُوْمًا، فَكَيْفَ نَنْصُرُهُ ظَالِمًا؟ قَالَ: تَأْخُذُ فَوْقَ يَدَيْهِ. البخارى 3: 98
Dari Anas RA, ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda, 
“Tolonglah saudaramuyang berbuat dhalim maupun yang didhalimi !”. Para shahabat bertanya, “Ya Rasulullah,kami bisa menolongnya kalau dia didhalimi, tetapi bagaimana cara kami menolongorang yang berbuat dhalim ?”. Rasulullah SAW menjawab, “Kamu mencegah dari keduatangannya (perbuatannya)”. [HR. Bukhari juz 3, hal. 98]
عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: لاَ تَظْلِمُوْا فَتَدْعُوْا فَلاَ يُسْتَجَابُ لَكُمْ، وَتَسْتَسْقُوْا فَلاَ تُسْقَوْا، وَتَسْتَنْصِرُوْا فَلاَ تُنْصَرُوْا.الطبرانى، فى الترغيب و الترهيب 3: 184
Dari Ibnu Mas'ud RA, ia berkata : Sesungguhnya Nabi SAW pernah bersabda, 
“Janganlah kalian berlaku dhalim, (jika kalian berlaku dhalim), maka (akibatnya) kalian berdoa (kepada Allah) tidak dikabulkan, kalian minta hujan tidak diberi hujan, dan kalian mohon kemenangan tidak diberi kemenangan”. [HR. Thabarani, dalam Targhib watTarhib juz 3, hal. 184]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص بَعَثَ مُعَاذًا اِلَى اْليَمَنِ فَقَالَ: اِتَّقِ دَعْوَةَ اْلمَظْلُوْمِ فَاِنَّهَا لَيْسَ بَيْنَهَا وَ بَيْنَ اللهِ حِجَابٌ. البخارى 3: 99
Dari Ibnu Abbas RA, sesungguhnya Nabi SAW pernah mengutus Mu'adz ke Yaman,maka Rasulullah SAW berpesan, 
“Takutlah kamu dari doanya orang yang teraniaya,karena sesungguhnya antara doa itu  dan antara Allah tidak ada penghalangnya”. [HR.Bukhari juz 3, hal. 99]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: دَعْوَةُ اْلمَظْلُوْمِ مُسْتَجَابَةٌ، وَ اِنْ كَانَ فَاجِرًا، فَفُجُوْرُهُ عَلَى نَفْسِهِ. احمد باسناد حسن،فى الترغيب و الترهيب 3: 187
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, 
“Doanya orang yangteraniaya itu terkabul, walaupun dia itu orang yang durhaka, karena kedurhakaannya ituurusan dia sendiri (kepada Allah)”. [HR. Ahmad dengan sanad hasan, dalam Targhibwat Tarhib juz 3, hal. 187]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: دَعْوَتَانِ لَيْسَ بَيْنَهُمَا وَ بَيْنَ اللهِ حِجَابٌ: دَعْوَةُ اْلمَظْلُوْمِ، وَ دَعْوَةُ اْلمَرْءِ ِلاَخِيْهِبِظَهْرِ اْلغَيْبِ. الطبرانى، فى الترغيب و الترهيب 3: 187
Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda  “Ada dua doa yang antaranya dan antara Allah tidak ada penghalang, yaitu doanya orang yang teraniaya dan doanya seseorang terhadap saudaranya dimana orang yang didoakan itu tidak mengetahuinya”. [HR. Thabarani, dalam Targhib wat Tarhib juz 3, hal. 187]





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar