Senin, 03 Mei 2010

Makna Ulang Tahun


1. Bertambahnya pengalaman hidup.

Pastinya dengan semakin bertambahnya usia kita, semakin bertambah pula pengalaman hidup kita. Pengalaman yang akan menjadi modal yang berharga untuk kehidupan di masa depan.

peringatan harus merupakan cermin atau neraca perjalanan kehidupan. Artinya, dengan peringatan itu, kita dapat mengambil hikmah atas segala hal yang kita perbuat di masa yang telah lalu.

2. Berkurangnya jatah hidup di dunia.

Setiap manusia memiliki jatah umur masing-masing yang telah ditetapkan oleh Yang Maha Kuasa. semakin bertambah usia kita, berarti semakin dekat kita dengan kematian.

sebagai pembangkit motivasi. Suatu peringatan harus dapat memotivasi agar berbuat lebih baik dan lebih baik lagi, serta tidak terjebak pada kesulitan yang terjadi di masa lampau.

3. Momen untuk bersyukur.

Ideal-nya sih setiap hari bahkan setiap saat kita bersyukur. Namun kadang kita sering lupa kepada-Nya. Oleh karena itu, jadikanlah hari lahir ini sebagai momen untuk bersyukur atas segala nikmat yang telah Dia berikan.

sebagai alat untuk melakukan introspeksi diri.

4. Momen untuk muhasabah dan refleksi diri.

Yakni merenungi tantang semua yang telah kita perbuat di masa yang lalu dan berusaha untuk memperbaikinya di masa depan.

suatu peringatan harus dapat dijadikan titik awal penyusunan rencana selanjutnya yang lebih baik.

5. Momen untuk merefresh proposal hidup.

Yakni menata dan memantapkan kembali rencana hidup di masa depan, mempersiapkan diri dan memotivasi diri menjadi pribadi yang lebih baik.


yang paling penting, yaitu memaknai kehidupan hari esok yang lebih baik.

Betul, seandainya kita dapat memaknai hidup ini dengan lebih baik, tentu saja kita akan merasa bahwa waktu yang diberikan kepada kita dirasakan pendek. Kita tentu akan berusaha untuk selalu terus berbuat baik.

------------------
NB :
---------------

Memaknai Hari Ulang Tahun

1. "Dan kelak, yang paling penting, bukan berapa lama tahun yang kamu lewati. Tetapi, bagaimana kamu menjalani kehidupanmu sepanjang tahun-tahun tersebut."
-- Abraham Lincoln, mantan Presiden Amerika Serikat

,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar