Kamis, 03 Januari 2013

KEBAJIKAN Dan DOSA



"Allah menganugerahkan HIKMAH kepada SIAPA yang DIKEHENDAKI-Nya. Dan barang siapa yang DIANUGERAHI HIKMAH, ia benar-benar telah DIANUGERAHI KARUNIA yang BANYAK." (QS Al-Baqarah : 269)

--------------------/////----------------


Sebagian manusia tidak memahami kebaikan dan keburukan.
Kadang orang baik dinilai tidak baik dan orang yang tidak baik dinilai baik. Atau kadang kita menyukai perbuatan yang tidak baik dan membenci perbuatan yang baik.

Lalu bagaimana kita dengan mudah membedakannya?
Buat seorang yang terbiasa taat kepada Allah seperti para sahabat, maka 

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan :
“Kebajikan adalah akhlak yang baik. Sedangkan dosa adalah sesuatu yang menimbulkan kegalauan pada jiwamu dan engkau tidak senang perbuatan itu diketahui orang lain.” (HR. Muslim)

Tetapi buat manusia yang tidak terbiassa melakukan ketaatan kepada Allah dan terbiasa bermaksiyat, bagaimana memahaminya?
Tidak ada cara lain untuk mereka kecuali harus bertaubat, dengan TAUBAT NASUHA dan BERTAQWA kepada Allah. Karena bila masih senang melakukan kemaksiyatan dan tidak taat kepada Allah, Allah tidak akan memberinya petunjuk untuk membedakan mana yang baik dan buruk.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :
“Orang-orang yang kafir, sama saja bagi mereka, apakah engkau memberi peringatan kepada mereka atau tidak, mereka tak akan beriman. Allah menutup hati mereka dan pendengaran mereka, sedangkan di mata mereka terdapat tabir yang menutupi, dan bagi mereka azab yang besar.” ( QS Al Baqarah : 6-7)

Dengan bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan memberinya PEMBEDA (FURQAN) dan CAHAYA (NUUR), yang dengan itu orang bertaqwa dapat membedakan mana yangb baik dan buruk buat dirinya.

 “Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqân dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahan dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” [al-Anfâl 8:29]

 “Hai orang-orang yang beriman (kepada para rasul), bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar