Kamis, 11 Februari 2010

Pemicu Serangan Jantung dan Tips Mengatasi Serangan Jantung Mendadak Saat Sendiri


Pemicu Serangan Jantung

Serangan jantung atau yang juga dikenal dengan myocardial infraction adalah kematian otot jantung mendadak dari halangan yang tiba-tiba pada arteri koroner akibat adanya pembekuan darah.

Penyumbatan pada arteri ini mengambil darah dan oksigen dari otot jantung yang menyebabkan otot jantung mengalami cedera. Cedera pada jantung ini menimbulkan sakit dada dan sensasi yang menyakitkan. Jika aliran darah tidak dikembalikan ke otot jantung dalam 20-40 menit bisa menyebabkan kematian, seperti dikutip dari Medicinenet, Selasa (4/8/2009).


Terdapat beberapa penyebab serangan jantung, diantaranya yaitu:

Kadar kolesterol tinggi
Kadar kolesterol yang tinggi akan mempercepat terjadinya proses aterosklerosis yaitu penyumbatan pembuluh darah. Kadar kolesterol bagi orang dewasa sebaiknya tidak lebih dari 200 mg/dl. Makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi yaitu seafood, kuning telur, susu jenuh dan es krim.

Tekanan darah tinggi

Berdasarkan data WHO tekanan darah normal pada orang dewasa adalah 140/90 mmHg. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi lebih berisiko terkena serangan jantung dan stroke.

Kebiasaan merokok
Kebiasaan merokok bisa menyebabkan serangan jantung karena mempercepat terjadinya aterosklerosis karena adanya iritasi pada dinding pembuluh darah sehingga mempercepat kolesterol mengendap, mempermudah terjadinya pembekuan darah yang dapat menyumbat saluran pembuluh darah serta menurunkan kadar kolesterol baik.

Kurang berolahraga

Olahraga yang teratur bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung, karena bisa memperlancar asupan oksigen dan darah ke seluruh tubuh.

Kebiasaan minum kopi berlebih
Kebiasaan minum kopi secara berlebih lebih dari 4 cangkir dalam sehari diduga bisa memicu terjadinya penyakit jantung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Costa Rica adalah orang yang sering mengkonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir dalam sehari memiliki risiko terkena penyakit jantung dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi atau hanya satu cangkir dalam sehari.

Kelelahan

kelelahan fisik dan mental bisa memicu berbagai penyakit kronis, seperti gangguan pencernaan, gangguan sistem jantung serta penurunan daya tahan tubuh. Kondisi tubuh yang lelah ditambah dengan konsumsi rokok terus menerus dan berbagai suplemen dan minuman yang mengandung ginseng dan kafein bisa memperburuk keadaan yang mengakibatkan seseorang terkena serangan jantung.

Jadi, agar terhindar dari serangan penyakit jantung sebaiknya atur pola hidup yang sehat dan biasakan berolahraga secara teratur serta berhentilah merokok.

Tips Mengatasi Serangan Jantung Mendadak Saat Sendiri

Umpamanya saat sekarang jam 17:50 sore, setelah Anda sibuk kerja seharian, Anda sedang dalam perjalanan pulang dengan mengedarai mobil,.sudah tentu Anda sendirian

Anda sangat tegang dan merasa tidak enak badan …

Tiba – tiba Anda merasa sakit yang sangat di dada, dan mulai menjalar ke lengan dan dagu. Tetapi, jarak ke rumah sakit yang terdekat kira – kira masih 5 Km, lebih celakanya lagi Anda tidak tahu apakah dapat mempertahan sampai begitu jauh.

Harus bagaimana ?

Jawabannya:

Jangan panik, usahakan berbatuk terus dengan sekuat tenaga.
Setiap kali sebelum batuk, harus tarik nafas dalam – dalam.
Kemudian berbatuk dengan kuat – kuat, dalam – dalam dan panjang – panjang seperti hendak mengeluarkan dahak yang berada dalam dada.
Setiap selang dua detik, harus tarik nafas sekali dan berbatuk sekali.hingga pertolongan tiba, atau hingga merasa denyut jantung sudah normal, baru boleh istirahat.


Tujuan tarik nafas, untuk memasukan oxigen kedalam paru – paru.
Tujuan batuk, untuk menekan jantung agar aliran darah bersirkulasi
Menekan jantung juga dapat membantu denyut jantung kembali normal
Pertolongan cara ini, agar penderita mempunyai kesempatan pergi ke rumag sakit

Silakan memberitahu kepada orang lain cara pertolongan pertama serangan jantung ini.
Mungkin saja dapat menolong mereka!
Jangan kira umur Anda kurang dari 25 atau 30, tidak mungkin dapat serangan jantung.
Sehubungan dengan perubahan cara kehidupan masa kini, serangan jantung dapat saja menyerang semua level umur.

Sumber:

http://health.detik.com/read/2009/08/04/142546/1177153/766/ini-dia-pemicu-serangan-jantung
ARTICLE PUBLISHED ON N.ยบ 240 OF JOURNAL OF GENERAL HOSPITAL ROCHESTER

1 komentar:

  1. makasih tipsnya...sangat bermanfaat.
    http://kafebuku.com/menaklukkan-pembunuh-no-1-mencegah-dan-mengatasi-penyakit-jantung-koroner-secara-tepat-dan-cepat/

    BalasHapus