Rabu, 12 September 2012

Alangkah Indahnya Waktu Subuh


Ilustrasi lagunya Raihan, Alangkah indahnya hidup ini





Assalaamualaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Shalat Subuh memang shalat wajib yg paling sedikit jumlah rekaatnya; hanya dua rekaat saja. Namun, ia menjadi standar keimanan seseorang dan ujian thd kejujuran, karena waktunya sangat sempit (sampai matahari terbit)

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan oleh malaikat” (Al-Isra’ [17]:78) 

Rasulullah saw bersabda: " Sesungguhnya salat yg paling berat bagi orang munafik adalah salat Isya' Dan salat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yg terkandung di dalam nya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dgn merangkak. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Ada satu hal yg berbeda dari ritual sholat subuh dibandingkan sholat lima waktu lainnya. Kalimat yg terdengar dari suara adzan sedikit berbeda dgn adzan pada sholat yg lain. Kalimat “ash shalatu khairun minan naum”, menjadi titik perbedaannya. Arti kalimat itu adalah shalat itu lebih baik dari pada tidur.

Kenapa kalimat itu hanya muncul pada adzan subuh dan tidak pada adzan lainnya ?
Memang ada banyak hikmah yg bisa diambil dari ritual di pagi buta ini. Dari peluang rezeki yg besar sampai mempunyai manfaat mengurangi kecenderungan terjadinya gangguan kardiovaskular.

Salat Subuh merupakan hadiah dari Allah swt., tidak diberikan, kecuali kpd orang2 yg taat lagi bertaubat. Hati yg diisi dgn cinta kemaksiatan, bagaimana mungkin akan bangun utk salat Subuh? Hati yg tertutup dosa, bagaimana mungkin akan terpengaruh oleh hadist2 yg berbicara tentang keutamaan salat Subuh?

Manfaat bangun pagi menurut pandangan medis, sosiologi dan agama islam dan hasilnya

Medis :

1. Menurut Dr. Muslim Nathin, bangun pagi juga dapat dapat mengurangi kecenderungan terserang panyakit kardiovaskular atau gangguan jantung dan pembuluh darah.
2. Kita mendapat kesempatan utk menikmati udara segar yg belum tersentuh polusi, dimana momentum tersebut sangatlah tepat utk memasukan sebanyak mungkin oksigen murni ke paru-paru dgn aktifitas olahraga.

Sosiologi :

1. Menjalin keakraban dgn tetangga yg sama-sama punya kebiasaan bangun pagi, ketika kita berolahraga atau ketika sholat subuh berjamaah di mesjid.
2. Bertemu/berkenalan dgn orang baru yg punya aktifitas/bekerja di pagi hari, biasanya orang2 yg berdagang di pasar atau orang-orang yg lagi kulakan di pasar

Agama Islam :


1. Rasulullah bersabda “berpagi pagi itu barokah”. Sebab waktu itu jiwa, akal dan fisik kita belum letih. masih fresh, jadi sayang jika tidak digunakan sebaik baiknya. Sebaik baik waktu bekerja adalah di waktu pagi ini.
2. Rasulullah juga bersabda, “Tidur selepas subuh itu akan mewarisi kepapaan”. (kepapaan : kemuncak kepada segala macam kesulitan dan kesusahan

Seandainya manusia mengetahui … ,
seandainya mereka mengetahui … ,
seandainya mereka tahu … ,

kalimat ini di-ulang2 oleh Rasulullah SAW seakan-akan ia sangat-sangat menyayangkan bila umatnya tidak melaksanakan shalat berjamaah di mesjid, khususnya utk shalat isya dan subuh, karena boleh jadi Rasulullah SAW telah diperlihatkan sendiri oleh Allah SWT pahala apa dan keutamaan apa yg akan didapat oleh manusia bila mereka melaksanakan kedua shalat ini secara berjamaah. Sedangkan utk kita, kita harus yakin seyakin-yakinnya bhw hal itu adalah benar dan pasti akan kita dapatkan baik di dunia sekarang maupun di akhirat kelak.


Rasulullah SAW mendoakan umatnya yg bergegas dalam melaksanakan shalat Subuh, sebagaimana disebutkan dalam suatu hadits, ''Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Subuh.'' (HR. Tirmizi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah)

Semoga kita semua termasuk umat yg senang bangun subuh, Aamiin Ya Rabbal ‘aalamiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar