Rabu, 26 September 2012

Surat Yusuf Menginspirasikan Kebajikan




Surat Yusuf adalah surat yg duapertiga isinya menceritakan secara detail kisah Nabi Yusuf. Tak ada nabi yg diceritakan kisahnya sedetail nabi Yusuf dari masih kanak2 hingga dewasa di surat manapun. Meskipun ada yg mendekati, yaitu nabi Musa, kelengkapan kisahnya dipecah dlm beberapa surat.

Bahkan Nabi junjungan kita Muhammad SAW, dlm Surat Muhammad tidak dijelaskan detail hidupnya, karena kisah hidup Rasulullah terdapat dlm sunnah dan hadis yg diriwayatkan oleh sahabat hingga Tabi’in nya.

“Kami menceritakan kepadamu kisah yg paling baik dgn mewahyukan Al Qur'an ini kpd mu, dan sesungguhnya kamu sebelum (Kami mewahyukan) nya adalah termasuk orang2 yg belum mengetahui.” [QS. Yusuf :12: 3]

Dlm kisah nabi Yusuf, ada sebuah roman yg jauh lebih indah dari segala roman yg bisa dibuat oleh penulis naskah terkenal di dunia.

Nabi Yusuf adalah putera ke tujuh dr dua belas putera-puteri Nabi Ya’qub. Ia dgn adiknya yg bernama Benyamin adalah beribukan Rahil, saudara sepupu Nabi Ya’qub. Ia dikurniakan Allah rupa yg bagus, paras tampan dan tubuh yg tegap yg menjadikan idaman setiap wanita dan kenangan gadis2 remaja.

Ia adalah anak yg dimanjakan oleh ayahnya, lebih disayang dan dicintai dibandingkan dgn saudara2-ya yg lain, terutamanya setelah ditinggalkan wafat ibu kandungnya Rahil semasa ia masih berusia dua belas tahun.

Beberapa Kisah Kehidupan Nabi Yusuf :
Saudara2 Yusuf Mengadakan Pertemuan Rahasia, Nabi Yusuf Bermimpi, Yusuf Dimasukkan ke dlm sumur, Yusuf dijual-beli sbg hamba sahaya, Yusuf dlm godaan nyonya Futhifar, Yusuf dlm penjara, Yusuf dibebaskan dr penjara, Yusuf diangkat sbg wakil raja Mesir, Pertemuan Yusuf dgn saudara2 nya, Yusuf menahan Benyamin sbg tahanan, Pertemuan kembali keluarga Ya’ub, beberapa ibrah kisah Nabi Yusuf A.S.

Dari sebuah pesona ke pesona lain, dari fitnah yg tak terbantahkan, hingga akhirnya mereka bersatu dlm ikatan halal.

Namun apakah ada yg tahu di tengah segala prahara itu, nabi Yusuf pernah terbesit sedikit maksud pada Zulaikha?. 


Nah dlm hal ini tirulah Nabi Yusuf yg bisa meluruskan niat hanya pada Allah semata. [baca TQS.Yusuf : 12 : 23]

Bila surat Yusuf saja sudah MENGINSPIRASI kita pada kebajikan, maka ada 113 surat lagi yg HARUS kita baca dan pahami utk kebajikan baik dunia dan akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar