Sabtu, 22 September 2012

Nabi Yahya vs Iblis



Kisah berikut tentang perjumpaan Nabi Yahya dengan Iblis yang membawa perangkap.
“ Untuk apa itu, Iblis ? ”
“ Ini syahwat, untuk memikat manusia.”
“Adakah padaku yang bisa kaujerat ? ”
“Tak ada,” kata Iblis.  
“Tapi pernah terjadi suatu malam. Engkau makan kenyang, lalu aku menjeratmu, sehingga engkau malas sembahyang.”
“Ah, kalau begitu aku tidak akan makan kenyang lagi.”
“Menyesal sekali, aku sudah membuka rahasia itu kepadamu.”
Kata guru ngaji di kampung, orang yang makan kenyang malas beribadah. Tubuh jadi gemuk, badan terasa berat, dan bawaan-nya ingin tidur melulu. Kata mereka, “Jika kamu dalam keadaan kenyang, anggaplah dirimu sedang lumpuh.”
Abu Bakr r.a. pernah mengatakan, “Sejak aku masuk Islam belum pernah aku mengenyangkan perut, karena ingin merasakan nikmatnya ibadah.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar