Sabtu, 15 September 2012

Sombong atau Takabur


Image result for sombong atau takabur


Sombong atau yg sering kita kenal dgn istilah kibr, takabur dan istikbar, ketiganya hampir semakna, merupakan suatu kondisi seseorang di mana ia merasa lain dari yg lain (dgn keadaan tsb) sbg pengaruh i’jab (kebanggaan) terhadap diri sendiri, yaitu dgn adanya anggapan atau perasaan, bhw dirinya lebih tinggi dan besar daripada selainnya.

Ada beberapa sebab yg mendorong seseorang menganggap dirinya lebih unggul drpd orang lain, sehingga melahirkan kesombongan dlm jiwa, yaitu:
1.      Sombong dgn Ilmu
2.     Sombong dgn Amal Ibadah
3.     Sombong dgn Keturunan (Nasab)
4.     Sombong dgn Kecantikan/Ketampanan
5.     Sombong dgn Harta
6.     Sombong dgn Kekuatan dan Kegagahan
7.     Sombong dgn Banyaknya Keluarga, Kerabat atau Pengikut.

Manusia, apa pun status dan jabatannya, tidak memiliki ruang sedikit pun untuk menjadi sombong. Karena secara hakiki, manusia adalah makhluk Allah yg diciptakan dari bahan yg hina (sperma). Ia diciptakan untuk beribadah kpd Allah SWT semata, menjauhi segala larangan-Nya dan menjalankan segala perintah-Nya.

Alquran banyak memaparkan kisah pemimpin dan bangsa2 besar serta kuat yg kemudian dihancurleburkan. Spt kisah Firaun, Qarun, kaum 'Ad, Tsamud, serta umat Nabi Nuh. Mereka semua adalah manusia yg menyombongkan diri kpd Allah dan rasul2-Nya.

Allah swt. berfirman:
"Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yg sombong dan sewenang-wenang." (Q.s. A1-Mu’min: 35).

" Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang2 yg sombong."
(Q.s. Al-Mu'min: 76).

Nabi saw bersabda, " bhw Allah swt. telah berfirman (dalam Hadis Qudsi): Keagungan adalah sarung-Ku dan Kebesaran adalah selendang-Ku. Siapa yg mencopotKu dalam dua sifat itu, maka dia akan Ku binasakan ”

Sabdanya pula: “Tidak akan masuk surga orang yg hatinya terdapat rasa takabur walau hanya sebesar biji sawi.”

Ancaman bagi mereka yg sombong tidaklah main-main. Allah SWT akan memasukkan mereka ke dlm Neraka Jahannam selama-lamanya. "Masuklah kamu ke pintu-pintu Neraka Jahanam, sedangkan kamu kekal di dalamnya. Maka, itulah seburuk-buruk tempat bagi orang2 yg sombong." 
(QS [40]: 76).

Manusia tidak boleh memelihara kesombongan dlm dirinya. Dlm sebuah hadis Qudsi Allah berfirman, "Kebesaran (kesombongan atau kecongkakan) adalah pakaian-Ku dan keagungan adalah sarung-Ku. Barang siapa merampas salah satu (dari keduanya), Aku lempar dia ke neraka (jahanam). (HR Abu Dawud).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar