Sabtu, 16 Mei 2009

Keutamaan hari Jumat


Segala puji bagi Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya. Allah SWT telah memberikan berbagai nikmat bagi makhluk-Nya, terutama keistimewaan dan anugerah yang tiada tara. Salah satunya adalah hari Jumat sebagai hari besar umat muslim yang datang setiap minggunya. Abu Hurairah meriwayatkan sabda Rasulullah SAW,
“Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari jumat sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu haru Jumat, Sabtu, dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk.” (HR. Muslim)

Keutamaan hari Jumat antara lain:
1. Merupakan hari terbaik di antara hari-hari lainnya dalam sepekan. Banyak peristiwa pada zaman nabi dan Rasul terjadi pada hari Jumat, seperti diciptakannya Nabi Adam AS dan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.
2. Apabila seorang muslim berdoa dan memohon suatu kebaikan kepada Allah SWT pada hari Jumat, maka Allah SWT memberikan apa yang dia minta.
3. Sesungguhnya Allah SWT menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mingguan bagi kaum muslimin.
4. Apabila seorang muslim meninggal pada hari atau malam Jumat, maka Allah memberikan pahala syahid dan menjaganya dari azab kubur.
5. Pada hari Jumat Allah SWT memerdekakan 600.000 orang dari siksa api neraka.
6. Hari Jumat adalah hari yang paling baik dan mulia untuk bersedekah.
7. Setiap hari Jumat Allah SWt akan menampakkan diri kepada hamba-Nya yang beriman di surga.
Berdasarkan keutamaan-keutamaan tersebut, dianjurkan bagi kaum musimin untuk memperbanyak ibadah pada malam dan hari Jumat, seperti membaca Al Qur’an, berdzikir, berdoa, dan lain-lain.
Pada hari Jumat pula umat muslim (laki-laki) diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jumat di mesjid yang dilakukan secara berjama’ah. Firman Allah dalam surat Al Jumu’ah ayat ke-9, “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”
Dalam sabdanya, Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa hari Jumat adalah hari dihapuskannya dosa-dosa. Beliau mengatakan,”Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke mesjid, dan masuk mesjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian sholat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at.” (HR. Bukhari)
Wallahu’alam bisshawab


Written by MS
Tuesday, 14 October 2008 12:22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar