Senin, 31 Agustus 2015

Fakta dan Mitos Seputar Diabetes

“Jangan terlalu banyak makan gula” atau “Rumit sekali memilih makanan yang tidak beresiko Diabetes” mungkin sering kali kita dengar untuk mengingatkan kita akan bahaya Diabetes. Tapi 2 pernyataan di atas adalah mitos. Lalu apakah ada mitos mitos lainnya tentang Diabetes?

Mitos 1 : Terlalu Banyak Makan Gula Menyebabkan Diabetes
Kenapa Diabetes terjadi? Penyebabnya belum terlalu dimengerti. Namun yang telah diketahui genetik adalah faktor utama dan terlalu banyak makan gula tidak otomatis menyebabkan diabetes. Sebaliknya, Diabetes terjadi ketika sesuatu mengganggu kemampuan tubuh untuk mengubah makanan yang kita makan menjadi energi.
Contoh seseorang yang memiliki keturunan penyakit diabetes, kemampuan tubuhnya untuk mengelola gula, lemah. Tingkat kelemahannya berbeda dalam setiap individual. Pada yang parah, minum segelas teh manis sudah dapat memicu gejala diabetes. Pada yang ringan, gejala baru akan nyata saat usia tua dan melakukan pola diet yang tidak sehat.

Tipe tipe Diabetes pada umumnya adalah :
·         Tipe 1 Diabetes terjadi ketika Pankreas tidak dapat memproduksi Insulin. Tanpa Insulin, Gula akan bertumpuk di dalam aliran darah. Oleh karena itu, Penderita Tipe ini harus menggunakan Insulin agar Gula dapat dikonsumsi sel tubuh. Penderita Tipe ini biasanya terjadi pada usia muda atau kanak kanak. Peneliti berpendapat bahwa ada sesuatu yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh.

·         Tipe 2 Diabetes terjadi ketika Pankreas tidak dapat membuat cukup Insulin atau Insulin tidak dapat bekerja maksimal atau dua- duanya. Penderita Obesitas lebih rentan terkena Tipe ini. Dapat terjadi di usia kapan pun.

·         Gestational Diabetes terjadi saat Kehamilan pada wanita. Perubahan Hormon saat kehamilan mencegah Insulin bekerja normal. Namun kondisi ini dapat kembali normal setelah bayi dalam kandungannya lahir.

Mitos 2: Terlalu Banyak Aturan Dalam Diet Diabetes
Aturan sesungguhnya sangat mudah : pilihlah makanan yang sesuai dengan aktivitas individu Penderita Diabetes dan konsumsilah obat yang sesuai, untuk yang menjaga kadar gula darah mendekati normal.
Mitos 3 : Karbohidrat Buruk untuk Penderita Diabetes
Sebaliknya, Karbohidrat baik untuk Diabetes. Karbohidrat menjadi fondasi untuk diet sehat menu Diabetes. Karena Karbohidrat memiliki efek yang besar pada kadar gula dalam darah, maka Penderita Diabetes diminta untuk mengawasi berapa banyak karbohidrat yang mereka makan.
Jenis Karbohidrat yang baik seperti : Roti gandum, buah-buahan berserat, sayuran.

Mitos 4 : Protein Lebih Baik Daripada Karbohidrat Untuk Penderita Diabetes
Terlalu banyak protein akan menimbulkan masalah untuk penderita Diabetes. Karena kebanyakan makanan kaya protein , seperti daging, juga mengandung Lemak Jenuh. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan resiko Penyakit Jantung. Dalam Diet Diabetes, dianjurkan hanya 15 – 20% protein dari total kalori yang dimakan setiap harinya.

Mitos 5: Selama Ada Obat Diabetes, Penderita Bebas Makan Apa Saja
Obat Diabetes yang disarankan oleh Dokter bekerja lebih baik ketika digunakan sesuai dengan dosisnya. Jika penderita Diabetes meningkatkan konsumsi dosis obat untuk menyeimbangkan kadar gula darah akibat dari makanan yang dikonsumsi akan dapat berakibat buruk.

Mitos 6 : Penderita Diabetes Harus Pantang Makanan Favoritnya
Tidak ada alasan untuk pantang makanan favorit. Berikut Tips-tipsnya :
·         Mengubah cara penyajian (direbus misalnya)
·         Mengubah makanan yang dikonsumsi yang biasanya dimakan bersama menu favorit
·         Mengurangi porsi menu favorit


Mitos 7 : Penderita Diabetes Harus Pantang Makanan Penutup
Sama seperti Mitos 6, anda dapat menyiasati menu makanan penutup seperti :
·         Menggunakan pemanis buatan
·         Mengurangi Porsi makanan penutup
·         Menggunakan Buah-buah segar atau minyak sayur ketika mempersiapkan makanan penutup


Mitos 8 : Pemanis Buatan Berbahaya Bagi Penderita Diabetes
Tidak. Karena Pemanis buatan jauh lebih manis daripada Gula dengan jumlah yang sama, maka dibutuhkan lebih sedikit penggunaan pemanis buatan untuk mendapatkan rasa manis yang sama dalam gula. Sehingga konsumsi kalori lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan gula.

Mitos 9 : Penderita Diabetes Harus Memakan Menu Khusus Diabetes
Sebenarnya tidak ada yang namanya “Menu untuk Diabetes”. Makanan yang sehat untuk Penderita Diabetes juga pilihan yang baik untuk Non-Diabetes.
Perbedaannya hanyalah sebagai Penderita Diabetes harus memonitor makanan yang dimakan. Termasuk jumlah kalori, karbohidrat, Protein dan lemak yang dikonsumsi.

Mitos 10 : Menu Diet adalah yang Terbaik untuk penderita Diabetes
Hanya karena sebuah makanan dilabel dengan “Diet” bukan berarti itu pilihan yang lebih baik bagi penderita Diabetes. Malah, makanan “Diet” bisa menjadi pilihan yang mahal dan sama sehatnya dengan makanan biasa atau makanan yang dipersiapkan sendiri. Asalkan dalam pemilihan makanan, mempelajari berapa kalori yang terkandung dalam makanan tersebut sehingga Penderita Diabetes dapat bebas menentukan jenis makanannya.


Sumber: WebMD
Share this:

2 komentar:

  1. makanya pasien diabetes harus pintar mengatur pola makannya...

    coba konsumsi rutin habbatussauda coba saja 12-24 bulan, insya Allah bisa permanen sembuh sambil banyak istighfar & amal shaleh diperbanyak...

    sambil dijaga pola makan & istirahatnya... kebanyakan orang ketika mendengar ada obat ampuh langsung bergantung sama obat & tawakkal sama obat, bukan sama Allah, sambil makan semaunya, tanpa memperhatikan pola diet...
    Ini adalah kekeliruan...

    http://berkhasiat.web.id/1496-jual-daun-insulin-yakon

    BalasHapus
  2. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus