Jumat, 28 Agustus 2015

Salju Arab Yang Selalu Bikin Heboh

Salju Arab Yang Selalu Bikin Heboh

Salju Arab - Tiap Tahun Memang Selalu Bersalju
Sejak Jaman Dinosaurus - Lokasi : Sekitar Golan Height
Summer Akan Kembali Kering Dan Coklat


Pingin tahu rasanya diterjang badai salju di Arab ? Benar benar lain daripada yang lain. Kalau di negara negara yang lebih dekat ke kutub rasanya salju cukup lembut turun dari langit. Di Lebanon, Palestine/Israel, Syria dan sekitarnya, rasanya seperti kejatuhan kelereng, suaranya klotak klotak saat butiran salju menimpa mobil saya. Disamping itu, anginnya sangat kencang sekali dan bisa menerbangkan papan reklame. Kemungkinan karena bebas hambatan saat angin melewati laut Mediterania atau gurun pasir sehingga tiupan angin tak beraturan dan suaranya sangat mengerikan. Saat saya perhatikan salju yang jatuh, memang seperti ada es batu sebesar kerikil ditengah butiran salju yang lembut. Negara Lebanon, Palestina / Israel, Syria, Jordan, Algeria, Marocco, Tunisia memang selalu bersalju setiap tahun pada daerah daerah tertentu yang elevasinya sangat tinggi dari permukaan laut. Hanya saat Musim Dingin, sekali lagi SAAT MUSIM DINGIN !!!!.

Terjebak Badai Salju Saat
Perjalanan Menuju Bekaa Valley
Kalau Summer Berwarna Coklat



Banyak orang Indonesia di tanah air yang tidak tahu kalau beberapa negara di Timur Tengah ada juga yang selalu rutin bersalju. Hal ini diperparah lagi karena umumnya wartawan di Indonesia selalu mendramatisir cerita, misalnya membuat judul Salju Ancam Warga Timur Tengah (Seolah olah mengancam seluruh negara di Timur Tengah yang jumlahnya lebih dari 30 negara), Salju Turun Di Padang Pasir Arab (Tidak semua negara Arab Padang Pasir, ada juga yang ijo royo royo), Arab Alami Badai Salju Terburuk (Arab sangat luas sekali dan tidak bisa digeneralisasi salah satu tempat di gunung bisa mewakili seluruh negara Arab). Ini betul betul parah dan bisa menipu pembaca.
Saat Badai Mulai Datang
Photo Ini Diatas Gunung Diambil
Dari Dalam Mobil Saat Terjebak


Semua pembaca pasti berinterpretasi seolah olah semua negara Arab / Timur Tengah turun salju, padahal cuma negara negara kecil yang letaknya lebih utara dan punya gunung tinggi saja seperti Lebanon, Palestine / Israel, Syria dan Jordan). Sama seperti saya kalau membuat tulisan dengan judul Indonesia Dihantam Badai Salju, pasti pembaca akan teriak komat kamit “Allahu Akbar”, "Subhanallah" dll. Padahal saya bercerita sebenarnya tentang badai salju yang terjadi di Cartenz, Puncak Jaya Wijaya Papua, tetapi karena judul beritanya bombastis, seolah olah seluruh Indonesia kiamat. Ada lagi judul bombastis,Dihantam Salju 4 Negara Liburkan Sekolah. Ini mah aya aya wae, dinegara manapun kalau turun salju lebat semua sekolah juga diliburkan. Emangnya ada orang tua yang tega melepas anak kedinginan dibawah hujan salju untuk berangkat sekolah. Pemakaian kata 'Negara' juga absurd, yang turun salju didesa atau kota diatas gunung seolah olah seluruh negara libur sekolah. Gelombang Dingin Tabuk Menjalar Ke Bahrain (Woow, Semua bumi belahan utara sedang musim dingin, bukan berasal dari Tabuk),

Di Perbatasan Syria - Lebanon
Bagian Kecil Dari Timur Tengah



Dibawah ini tempat tempat bersalju di Timur Tengah dan Sahara yang tidak perlu diragukan lagi. Saya sudah sering sekali bermain salju disana sejak jaman dulu. Di Uludag Turkey ski resort diperkenalkan secara resmi tahun 1935. Sedangkan The Cedars di Lebanon sudah dibuka untuk ski resort jauh sebelum Turkey yaitu sejak tahun 1920. 
2 Jam Terjebak Di Tengah Salju
Akhirnya Bantuan Datang

·                     At Sea Level : Turkey (Booking Peralatan Ski Dan Hotel silahkan klik :SkiingTurkey)
o                  Bolu Kartalkaya / Dorukaya Ski Resort ( 8 Ski Lift )
o                  Bursa – Uludag Ski Resort  ( 15 Ski Lift )
o                  Kaiseri Ski Resort ( 15 Ski Lift )
o                  Palandoken Ski Resort ( 7 Ski Lift )
o                  Konakli Ski Resort ( 7 Ski Lift )
o                  Dan masih banyak lagi yang kecil kecil dengan ski lift kurang dari 7).
·                     At Elevated Region : 
o                  Irak : Erbil Kurdishtan, Suly : Gersang Namun Bersalju
o                  Mesir : Jabal Katherina (St Catherine), Sinai. Di atas gunung ini terdapat St Catherine Monastery. Salju kurang begitu tebal sehingga rencana pembangunan Ski Resort selalu batal. 
o                  Israel / Palestine (Golan Height / Mt Hermon Ski Resort(9 Ski Lift)  atau sering disebut Jabal El Shaykh dan Mt Gilboa/Ski Gilboa - Bisa bermain Ski kapanpun - Artificial Ski Slope, tidak tergantung musim),
o                  Lebanon (Booking Peralatan Ski Dan Hotel silahkan klik :Skileb)
§                Faqra Ski Resort (4 Ski Lift)
§                Faraya Mzaar Ski Resort (18 Ski Lift)
§                Laqlouq Ski Resort (9 Ski Lift)
§                Qanat Bakish Ski Resort (5 Ski Lift)
§                The Cedars Ski Resort (7 Ski Lift)
§                Zaarour Ski Resort (7 Ski Lift)
§                Sannine Zenith (Sedang dibangun dan belum jadi pada tahun 2013 ini)
o                  Syria (Tempat bersalju di Syria masih satu pegunungan dengan Lebanon. Separuh pegunungan berada di wilayah Lebanon dan separuhnya lagi di wilayah Syria, Contohnya :Bludan dan Jebel Makdous)
o                  Jordan (Terletak di ekor rangkaian pegunungan Lebanon, Syria atau Palestine dan elevasinya sangat tinggi. Salju tidak cukup banyak untuk dibuat Ski Resort karena letaknya lebih selatan dibanding Lebanon, Syria dan Turki dan juga Amman sampai Irbid kira kira elevasinya sama tinggi atau bahkan lebih rendah dibanding gunung di sekitar kota Jerusalem,
o                  Algeria (semua daerah di Western Sahara yang dilalui Pegunungan Atlas selalu bersalju. Silahkan datang ke ChreaSki Resort - 3 Ski Lift dan Tikjda Ski Resort di Mt Djundjura, North Algeria),
o                  Morocco (semua daerah di Western Sahara yang dilalui Pegunungan Atlas selalu bersalju seperti Ifrane, Michilifen, Oukaimeden Ski Resort - 7 Ski Lift dan Azrou Ski Resort - 1 Ski Lift), Masih ada lagi yang lain seperti Djebel Bou Iblane dan Rif Gebirge tetapi saya tidak pernah kesana.
o                  Tunisia (semua daerah di Western Sahara yang dilalui Pegunungan Atlas selalu bersalju seperti Tabarka, Ain Draham, Tela dll)
·                     At Shopping Mall : United Arab Emirates (Ski Dubai didalam Dubai Mall).
·                     Negara Persian atau non Arab seperti Iran, Pakistan, Indiapun juga punya Ski Resort. Yang terkenal Dizin Ski Resort di Iran.

Nancep Di Salju Arab
Diatas Gunung Saat Musim Dingin

Di Saudi ada nggak salju ? Jelas ada terutama di pegunungan Heejaz bagian utara. Kota Tabuk yang sering menghebohkan dunia jurnalistik di tanah air terletak di pegunungan Heejaz. Setiap musim dingin selalu turun salju di puncak gunung Heejaz di bagian paling utara ini. Dan kota Tabuk berada di salah satu lembahnya. Tidak seperti negara negara diatas yang rutin turun salju, di pegunungan Heejaz, kelembaban udara tidak sebesar negara negara diatas sehingga salju terlalu sedikit untuk bisa dibuat Ski Resort. Kota Hail juga di Pegunungan Heejaz, karena letaknya lebih selatan dari Tabuk maka tidak selalu turun salju, tergantung dari kelembaban udara dan kecepatan angin. Jaman dulu belum ada internet / facebook dan TKI juga tidak sebanyak sekarang, jadi turunnya salju diatas pegunungan Heejaz tidak pernah terekspose dan bikin heboh tanah air. (Baca Juga : Musim Salju Di Arab Dan Sahara)

Photonya Bener Tetapi Cerita Di Media/Internet
Bisa Menipu Pembaca
Lokasi Tabuk - Pegunungan Heejaz Tiap Tahun
Memang Bersalju Saat Musim Dingin Dan Di Gunung
Photo Source : Republika

Kalau ada photo orang Arab bergembira ria main lempar lemparan salju, ya jelas wajar. Di Saudi tidak ada hiburan sama sekali seperti Layar Tancep, Gedung Bioskop atau panggung musik live. Jadi, turunnya salju di Heejaz merupakan hiburan yang ditunggu tunggu setahun sekali. Kalau ada korban tewas saat badai salju, ya mungkin saja, dimanapun yang namanya badai bisa menerbangkan papan reklame. Di negara manapun kalau jalan raya tertutup salju sedikit pasti akan licin.  Dimanapun kalau diatas gunung bisa saja tertimpa salju longsor dari atas atau mobil terpeleset masuk jurang. Nanti saat salju diatas gunung mulai mencair, kota Tabuk akan digelontor banjir salju cair dari gunung. Banjir bandang terbesar terjadi sekitar tahun 2009.  Kota Madinah berada di ekor pegunungan Heejaz, cukup tinggi dan sangat mungkin turun salju kalau kelembaban udara cukup. Kalau musim panas jelas nggak mungkin ada salju. Saat musim panas temperatur di Timteng bisa 50 Deg C, tapi saat musim dingin bisa 0 Deg C dan bahkan lebih rendah lagi diatas gunung.


Arab Yang Membantu Saya Mengeluarkan Mobil
Arab Gunung Beda Dengan Arab Gurun

Kalau anda pernah ke Padang, Bengkulu atau Semarang, kira kira seperti itulah negara negara bersalju di Timur Tengah. Kota kotanya berbatasan dengan pantai tetapi berbatasan juga dengan pegunungan yang tinggi. Kota Padang atau Bengkulu  dengan pegunungan bukit Barisan dibelakangnya atau Kota Semarang dengan Ungaran dan gunung Merbabu dibelakangnya. Kira kira salju turun di daerah (Ski Resort) Ungaran dan karena ada badai maka salju nyampai juga di Simpang Lima (baca : Jerusalem) dan menutupi gedung Lawang Sewu (baca : Al Aqsa). Atau bisa juga salju turun di kawasan (Ski Resort) Bukittinggi dan karena ada badai maka salju sampai juga ke kota Padang.

Raoche Rock Beirut Lebanon - Lihat Permukaan Air Laut
Dibawah, Tinggi Kan Elevasinya

Jadi kalau ada berita atau photo Al Aqsa turun salju, kota Jerusalem tertimbun salju, Amman dilanda badai salju atau anda melihat photo onta sedang jalan di salju atau orang berpakaian dishdasa dan abaya Arab bermain salju, ya biarkan saja nggak usah digubris atau dianggap serius. Pasti sedang berada di salah satu negara diatas dan sedang diatas gunung atau kota di lembah sekitar gunung saat musim dingin antara bulan November - February saja.



Ski Resort - Banyak Di Turki, Lebanon, 
Palestine / Israel,Marocco, Tunisia,Algeria 
Hanya Bersalju Saat Musim Dingin


NOTE :

Silahkan Buka Google Maps dan set tampilan Satelite, lalu cari kota Tabuk atau pegunungan Heejaz, pegunungan Atlas, pegunungan Lebanon, Golan Height, Bekaa Valley dll. Perhatikan topografi permukaannya. Bergunung gunung atau datar ? Bandingkan juga dengan ketinggian Puncak Jaya Wijaya lalu ukur jaraknya  ke Mekah atau Madinah dan bandingkan dengan jarak Jakarta - Tokyo, jauhan mana ? Bisa bayangkan nggak, Arab itu bukan sebesar daun kelor atau cuma Mekkah dan Madinah saja.. Jasirah Arabpun juga bukan sebesar petai. Sama halnya dengan Indonesia, bukan cuma Jakarta saja, tapi ada juga Puncak Jaya Wijaya yang bersalju.


Silahkan berkunjung ke :
·                     Ski Lebanon
·                     Skiing Turkey
·                     Atau cari sendiri di Google dengan keyword Ski Israel, Ski Marocco, Ski Tunisia, Ski Algeria, Ski Syria, Ski Iran, Ski Pakistan, Ski Dubai Dll.  Jangan kaget kalau anda juga bisa menemukan tempat ski terbaru bernama Ski Riyadh.



http://ardisfamily.blogspot.com/2013/01/salju-arab-yang-selalu-bikin-heboh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar