Kamis, 27 Agustus 2015

Minum 8 Gelas Sehari Ternyata Tidak Bikin Lebih Sehat

 Minum 8 Gelas Sehari Ternyata Tidak Bikin Lebih Sehat, Ini Kata Profesor

Minum delapan gelas sehari tidak membuat kita kita lebih sehat—itu hanya akan membuat kita lebih sering pergi ke toilet. Air memang baik untuk kesehatan, tapi dalil yang menyebut bahwa minum delapan gelas per hari untuk tetap sehat adalah omong kosong. Itu adalah alasan yang dibuat-buat.

Beberapa akademisi tidak menemukan bukti bahwa minum air putih dengan jumlah yang besar bisa meningkatkan kesehatan kita, manusia. Bahkan ada beberapa akademisi yang merasa muak dengan pledoi yang akhirnya dianggap sebagai fakta itu. Ia telah menulis sebuah artikel yang memohon kepada kita untuk tidak “mengkultuskan” pledoi itu.

Dalam sebuah artikel untuk The New York Times, Aaron E. Carrol, profesor pediatri dan asisten dosen pengawasan penelitia di Indiana University School of Medicine, menulis: “Jika ada mitos kesehatan yang tidak akan mati, itu adalah ini: Anda harus minum delapan gelas air putih sehari.”

Dan itu tidak benar, katanya. Tidak ada ilmu pengetahuan di balik teori itu.
Dia memang membenarkan bahwa ada anjuran untuk mengonsumsi cairan setara dengan delapan gelas air per hari. Tapi dia juga menekankan bahwa ciaran itu bisa diambil dari sumber lainnya, dari buah-buahan, misalnya. Bukan secara harfiah delapan gelas air per hari.

“Banyak orang percaya bahwa sumber mitos ini adalah rekomendasi Food and Nutrition Board 1945 yang mengatakan bahwa manusia membutuhkan sekitar 2,5 liter air per hari. Tapi banyak orang yang mengabaikan penggalan limat terakhir,” ujar Carrol seraya menekankan bahwa sebagian besar jumlah itu tersaji dalam makanan.

Carrol juga mengatakan bahwa hanya ada sedikit bukti bahwa minum lebih banyak air memberi efek kesehatan ekstra. “Anda tidak perlu mengonsumsi semua air yang Anda butuhkan dari minum.”

Terakhir, ia menegaskan, tubuh manusia itu disetel untuk memberi sinyal kepada kita jauh-jauh sebelum kita mengalami dehidrasi. 

(Mirror.co.uk/Intisari)



http://jabar.tribunnews.com/2015/08/27/minum-8-gelas-sehari-ternyata-tidak-bikin-lebih-sehat-ini-kata-profesor

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar