Minggu, 20 Mei 2012

Indahnya Hidup....



Hidup akan terasa indah jika kita selalu berprasangka baik kepada ALLAH atas apa yang terjadi kepada kita. Hidup akan terasa indah jika kita selalu berbagi dan bermanfa’at kepada yang lain.
Seharusnya kita juga berusaha untuk menjadi keluarga ALLAH.
Siapakah keluarga ALLAH ???
Daripada Anas ra. Ia berkata Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia.”  Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” 
Baginda manjawab, “yaitu ahli quran (orang yang membaca atau menghapal quran dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad)

Seharusnya kita menjadi seorang ahlul Qur’an. Karena Kalamullah adalah sebagai huda (petunjuk), asy-syifa (penyembuh), dan penyelamat hidup manusia di dunia maupun di akhirat.

Kehidupan yang kita jalani pasti di dalam nya ada keindahan dan pasti juga ada kegelapan, seperti gelapnya malam dan indahnya siang. Hidup tidak akan indah tanpa keindahan dan kegelapan, keindahan bisa hadir karena kegelapan, kegelapan juga hadir karena keindahan, semuanya saling berputar, kita bisa merasakan keindahan dalam hidup karena sebelumnya muncul kegelapan dalam hidup kita, dan kita juga dapat merasakan kegelapan karena sebelumnya kita merasakan keindahan.

Kita ketahui keindahan adalah suatu perasaan yang timbul dalam hati manusia saat dimana manusia merasakan dalam hidupnya sesuatu yang baru dan membuat takjub, keindahan akan membuat manusia terlena, karena itu tercipltalah kegelapan.

Kegelapan adalah keadaan dimana seorang manusia mengalami cobaan dalam hidupnya dengan suatu keadaan yang harus mereka pecahkan dengan sebuah kesabaran, jika kita sabar dan terus berusaha kita akan menghapus kegelapan dalam hidup kita dan menjadikannya sebuah keindahan.

Campur tangan Allah di dunia ini, “diwakili” oleh ketentuan yang sudah Dia gariskan. Tidak turun tangan langsung seperti mengatur bidak-bidak catur. Dalam kehidupan kita, kita tidak bisa lepas dari aturan-aturan (ketentuan) tersebut. Bagaimanapun jalan kita, kita terikat oleh ketentuan tersebut. Namun, kita pun dibekali akal untuk memahami aturan-aturan tersebut, sehingga ketika kita memutuskan untuk melakukan sesuatu, kita tidak bertindak bodoh dan celaka karena melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan ketentuan. Namun, terkadang, dalam beberapa hal, Allah benar-benar mengambil alih dan “menyentil” kehidupan kita dengan caranya yang tidak bisa kita pahami.

Kegelapan dan Keindahan Hidup selalu ada dalam setiap langkah perjalanan hidup kita, kegelapan dan keindahan akan membuat kesempurnaan dalam hidup dan membuat hidup ini menjadi lebih indah dan bermakna.

Laa tahzan. Tidak selamanya kenikmatan berupa keindahan. Namun, kesabaran dan keikhlasan pun adalah kenikmatan yang tiada terkira saat kita berhasil melewati ujian dari NYA.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar