Selasa, 08 Mei 2012

Jangan Remehkan Syirik




Tidaklah cukup seseorang  hanya mengenal tauhid dan mengamalkannya. Pengetahuan tentang syirik pun mutlak diperlukan agar seseorang tidak terjerumus ke dalamnya. Sayangnya, banyak  orang tidak memahami hakikat kesyirikan dan betapa dahsyat bahayanya sehingga merekapun meremehkannya. Padahal semakin kuat tauhid seseorang, seharusnya dia semakin takut akan syirik dan khawatir menjadi pelakunya. Sebaliknya seseorang yang tidak memahami hakikat tauhid akan meremehkannya sehingga tidak ada sediki pun rasa takut di hatinya.

Semoga penjelasan ringkas ini, menggugah kesadaran kita agar tidak lagi meremehkan dosa yang sangat besar ini.


Dahsyatnya Bahaya Syirik

Cukuplah ayat berikut menggambarkan dahsyatnya dosa kesyirikan. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّاللهَ لاَيَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَادُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَآءُ وَمَنيُشْرِكْ بِاللهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا 

SesungguhnyaAllah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yangselain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yangmempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.”(QS. An Nisaa’:48)

Tidak ada seorang pun yang terlepas dari gelimang dosa. Ampunan dosa merupakan rahmat Allah yang diberikan kepada semua hamba. Namun, hal ini dikecualikan bagi orang-orang musyrik (jika sampai mati ia masih membawa dosa syiriknya tanpa bertaubat), karena begitu besarnya dosa syirik. Ini menunjukkan bahwa dosa syirik merupakan dosa yang sangat besar.

Dalam ayat lain Allah Ta’ala menjelaskan bahwa pelaku kesyirikan diharamkan masuk ke dalam surga, padahal surga adalah tujuan akhir seorang hamba. Allah Ta’ala berfirman,

نَّهُ مَن يُشْرِكْ بِاللهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُالنَّارُ وَمَالِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ 

…sesungguhnyaorang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allahmengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagiorang-orang zalim itu seorang penolongpun.” (QS. Al Maidah:72)

Dari Ibnu Mas’ud radliyallah ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْمَاتَ وَهْوَ يَدْعُو مِنْ دُونِ اللَّهِ نِدًّا دَخَلَ النَّارَ

Barangsiapayang mati dalam keadaan menyembah selain Allah, pasti ia masuk ke dalam neraka.“ 

Seluruh Rasul Mengingatkan Bahaya Syirik

Setiap Rasul yang diutus oleh Allah Ta’ala pasti menyeru tentang bahaya syirik. Mereka semua mendakwahkan tauhid dan memperingatkan tentang syirik. Hal ini sebagaimana dijelaskan Allah Ta’ala :

وَلَقَدْبَعَثْنَا فِي كُلِّ أَمَّةٍ رَّسُولاً أَنِ اعْبُدُوا اللهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ

Dansungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan):“Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu” (QS. AnNahl:36).

وَمَآأَرْسَلْنَامِن قَبْلِكَ مِن رَّسُولٍ إِلاَّنُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لآ إِلَهَ إِلآ أَنَا فَاعْبُدُونِ 

DanKami tidak mengutus seorang rasulpun sebelum kamu melainkan Kami wahyukankepadanya: “Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlaholehmu sekalian akan Aku”.” (QS. Al Anbiya’:25)”

Jelaslah bahwa kesyirikan adalah dosa yang sangat besar sehingga seluruh Rasul diperintahkan untuk memperingatkan umatnya dari dosa ini.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam Berlindung dari Kesyirikan

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam mengajarikita untuk berlindung dari kesyirikan. Beliau berdoa:
وَأَنَاأَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُك لِمَا لَا أَعْلَمُ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك أَنْ أُشْرِكَبِك
YaAllah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dariperbuatan syirik (menyekutukan-Mu)sedangkan aku mengetahuinya. Dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadapkesyirikan yang tidak aku ketahui.” (HR. Ahmad (4/403). Dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahiihul Jaami’ (3731) dan Shahih at Targhiib wa at Tarhiib (36)

Bagaimana mungkin kita tidak takut terjerumus syirik padahal Nabi shalallahu ‘alaihi wa salaam saja takut terhadap masalah ini?

Nabi Ibrahim ‘alaihis salam Khawatir Terjerumus Syirik

NabiIbrahim ‘alaihissalam mempunyai kedudukan yang mulia. Allah Ta’ala berfirman tentang beliau,

إِنَّإِبْرَاهِيمَ كَانَ أُمَّةً قَانِتًا لِلَّهِ حَنِيفًا وَلَمْ يَكُ مِنَ الْمُشْرِكِينَ 

SesungguhnyaIbrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepadaAllah dan hanif . Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yangmempersekutukan (Tuhan) ” (QS. An Nahl:120)

Sifat-sifatyang dimiliki oleh Ibrahim ‘alaihissalaam adalah wujud dari kebersihan tauhidnya. Namun di sisi lain, beliau masih berdo’a kepadaAllah,

وَإِذْقَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ ءَامِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّأَن نَّعْبُدَ اْلأَصْنَامَ 

Dan(ingatlah), ketika Ibrahim berkata: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah),negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anakcucuku daripada menyembah berhala-berhala.” (Ibrahim:35)

Lihatlah, kedudukan beliau yang mulia dan kebersihan tauhid yang beliau miliki tidak menjadikan beliau merasa aman dari kesyirikan. Bahkan beliau masih berlindung kepada Allah dari bentuk kesyirikan yang paling zhohir (paling nampak), yaitu menyembah berhala. Padahal kita ketahui bersama bahwa Ibrahim-lah yangmenghancurkan berhala-berhala kaumnya.

Allah Ta’ala menjelaskan alasan yang mendasariketakutan Ibrahim terhadap syirik dalam firman-Nya,
رَبِّإِنَّهُنَّ أَضْلَلْنَ كَثِيرًا مِّنَ النَّاس

YaTuhanku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia …”(QS. Ibrahim:36).


Kesyirikan Dikhawatirkan Menimpa Para Sahabat rodhiyallahu ‘anhum

Para sahabat adalah generasi terbaik umat ini. Keteguhan iman mereka sudah teruji, pengorbanan mereka terhadap Islam sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun demikian, Nabi shalallahu‘alaihi wa salaam masihmengkhawatirkan kesyirikan menimpa mereka. Beliau bersabda.

Sesuatuyang aku khawatrikan menimpa kalianadalah perbuatan syirik asghar.” Lalu para sahabat menanyakan pada beliau,“Apa yang dimaksud syirik ashgor, wahai Rasulullah?” Beliaumenjawab, “(Contohnya)adalah riya’. ” (HR. Ahmad 5/428,429. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih, namun ada yang munqothi’ (terputus).)


Bukti Rasa Takut yang Benar

Setiap orang yang bersih tauhidnya pasti memiliki rasa takut terhadap syirik. Oleh karena itu, orang yang paling bersih tauhidnya yakni Nabi kita Muhammad  shalallahu ‘alaihi wa sallam memperbanyak doa agar dijauhkan dari syirik. Demikian juga Ibrahim ‘alaihissalaam berdoa kepadaAllah agar dijauhkan dari kesyirikan dan menyembah berhala. Sedikit sekali orang yang tidak memiliki rasa takut terhadap kesyirikan akan sempurna tauhidnya, bahkan hal ini tidak mungkin terjadi.  Setiap orang yangberusaha membersihkan tauhidnya, dia akan senantiasa bersemangat dalam bertauhid dan takut terjerumus syirik. Jika sudah muncul rasa takut terhadap syirik, rasa takut dalam hatinya tersebut akan menjadikan seorang hamba bersemangat dalam beribadah. Wallahul musta’an


Sumber: 
www.muslim.or.id / Penulis:Abu ‘Athifah Adika Mianoki / Muroja’ah:M.A. Tuasikal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar