Kamis, 03 Mei 2012

Ustadz Salim A. Fillah : Dalam Dekapan Ukhuwah





Sebuah ukhuwah (ikatan persaudaraan) akan terjalin indah bila satu sama lain saling mengerti dan memahami. Tidak pernah terpikir dan terbersit perasaaan dendam, iri atau kesal dengan perilaku orang lain… Jangankan dengki, iri saja pun tidak diperkenankan oleh Allah. Bila kita sudah ada rasa su’udzon, berarti kita sudah melewati syarat sebuah ukhuwah utk dapat terwujud.

Utk membentuk sebuah bangunan ukhuwah yg kokoh memang perlu pengorbanan yg tinggi. Utk menjalin persaudaraan memang butuh tahap yang sedikit demi sedikit. Dari tahap pengenalan, saling memahami, ikatan hati) dan takaful, tadhiyah, serta ta’awun (toleransi, saling berkorban dan tolong menolong).

Rasulullah pun pernah mengatakan bahwa tingkatan ukhuwah yang paling rendah adalah husnudzon. Sedangkan yang tertinggi adalah itsar (mendahulukan kepentingan orang lain dibanding kepentingan sendiri…

Ukhuwah melebihi batas-batas kekeluargaan sedarah seibu, sehingga saudara seiman adalah bagai sebuah tubuh yang jikalau ada bagian tubuh itu yang sakit maka bagian tubuh yang lain akan ikut sakit.


Perumpamaan lain dari Sayyid Quthb :

"persaudaraan adalah mukjizat, wadah yang saling berikatan

dengannya Allah persatukan hati-hati berserakan
saling bersaudara, saling merendah lagi memahami,
saling mencintai, dan saling berlembut hati"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar