Sabtu, 17 Januari 2015

Cara Membersihkan Hati



Membersihkan hati merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan kententraman, kesuksesan, dan kewaspadaan diri. Seseorang bila membersihkan hatinya dengan baik maka disetiap harinya akan memperoleh keutamaan dalam diri, seperti terciptanya kondisi yang baik, terhindarnya dari perasaan yang sulit, hingga mendapatkan segala hal yang diinginkan.

Hati itu adalah ibarat besi yang berkarat, yang dapat membuat sesuatu menjadi lebih buruk. Sehingga sebaiknya dibersihkan dengan baik dengan cara berdzikir, beribadah, meditasi, hingga menenangkan diri untuk kembali kepada Tuhan.

Dalam membersihkan hati seseorang harus mengerti bagaimana menentramkan hati tersebut. Sesuai dengan agama dan kepercayaan masing - masing orang, hati itu perlu dibersihkan seperti mendengarkan ceramah agama, beribadah setiap waktu, berdoa kepada tuhan, dan memanjatkan rasa syukur yang mendalam atas pemberian dari tuhan.

Tidak tergantung dari waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hati yang bersih. Namun seberapa besar pengorbanan dan kebebasan dalam memilih hati. Karena hati yang bersih itu dimulai dari dalam diri sendiri, sehingga setiap tindakan, perilaku serta tanggung jawab seseorang itu akan terurai dengan baik sehingga hati selalu bersih.

Ada beberapa kegiatan yang dapat membersihkan hati. Diantaranya adalah beribadah, beramal, sedekah, memberikan bantuan kepada orang lain, hingga membentuk kehidupan lingkungan yang baik. Ini dikarenakan bila hati yang ingin dibersihkan sepenuhnya baik, maka seluruh dari pemikiran dan sekitar diri sendiri itu juga akan mengalami perbaikan.

Setiap orang memang perlu membersihkan hati, sebab dalam membersihkan hati ini akan dimulai kehidupan yang baik, bersih pikiran, serta prasangka yang baik dalam setiap tindakan yang dilakukan. Oleh karenanya diwajibkanlah setiap orang yang ingin memenuhi kehidupan yang baik serta hasil yang memuaskan untuk membersihkan hatinya masing-masing.

Banyak cara-cara yang ditempuh dalam menghasilkan perbaikan diri, dimulai dari ritual keagamaan, kepercayaan, hingga sesaji yang dilambangkan untuk membersihkan hati yang semula kotor oleh dosa yang pernah dilakukan. Namun berikut ini merupakan rangkuman-rangkuman yang diperoleh untuk membersihkan hati secara total dan kehidupan yang baik.

Silaturahmi

Silaturahmi mungkin terasa biasa di sisi masyarakat, namun didalamnya terkandung hal yang paling istimewa. Yaitu hati akan terasa bersih dan setiap tindakan yang dilakukan akan merasakan kesenangan dan keindahan dalam berpikir. Bersilaturahmi itu membuat perubahan dalam diri sendiri sehingga menimbulkan segala bentuk kebaikan dalam diri kepada orang lain. Cermin dari "Hablumminanas" atau berhubungan antara manusia dengan manusia ini merupakan hal yang paling penting untuk menjaga hati agar tetap bersih.

Sedekah

Hal yang paling baik untuk menentramkan hati tidak lain adalah dengan bersedekah. Bila sedekah dilakukan dengan baik, maka pembentukan aklak manusia yang berbudi pekerti luhur akan tercipta disini. Bila seseorang memahami arti sedekah, mereka akan berpikir bahwa sedekah itu tak hanya memberikan kebahagiaan kepada orang lain yang membutuhkan, namun juga memberikan ketentraman diri dalam waktu yang lama.

Sholat Malam dan Berdzikir

Sholat malam adalah hal yang selalu dilakukan oleh kaum penceramah agama islam. Mereka meyakini bahwa dialam hidup ini terdapat hal yang istimewa bila sholat malam terus dilakukan. Disamping ketenangan dan keheningan didapat dari sholat malam, juga memberikan hati terasa tentram dan pikiran tidak kebingungan dalam mengerjakan seluruh permasalahan didunia.

Lakukan Dengan Sepenuh Hati

Seluruh hal yang baik itu pasti dilakukan dengan sepenuh hati. Bila seseorang bekerja dan dilakukan dengan sepenuh hati demi keluarga dirumah, maka ketentraman hati akan selalu terjaga dan dapat membersihkan hati secara total.

Kurangi Keluhan

Mengeluh adalah tanda orang yang kurang bersyukur. Sehingga mengurangi keluhan akan menyebabkan hati terasa senang, terasa bersih, dan pikiran akan terus berjalan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Selain itu mengurangi keluhan juga mampu menekan pertumbuhan kanker yang disebabkan karena pola kesehatan yang kurang diperhatikan akhibat pikiran yang tidak sejalan. Oleh sebab itu berpikir positif adalah hal yang paling utama dalam pembentukan hati yang bersih.

Selalu Tersenyum

Senyum itu merupakan tanda dari kebesaran jiwa, sabar, dan menarik diri dalam kebaikan. Orang yang selalu tersenyum dalam menghadapi apapun, hidupnya akan terus merasakan kesenangan, kemakmuran, serta kebahagiaan yang terus didapatkan. Karena senyum itu merupakan tanda awal dari pikiran yang positif.

Melihat Sisi Positif

Dalam hidup ini terdapat sisi positif dan negatif. Sehingga hal ini menyebabkan pilihan yang harus dilakukan seseorang dalam memperoleh kehidupannya. Selain itu seseorang juga akan memilih sisi positif dan negatif dari suatu peristiwa yang dihadapinya. Oleh karenanya lihatlah masalah atau tantangan dengan sisi baik dan positif. Karena dengan melihat sisi positif dari kejadian apapun itu dapat membersihkan hati secara menyeluruh.

Bersyukur

Syukur itu adalah tanda orang beriman dan bertaqwa kepada Allah. Oleh sebab itu rasa syukur itu harus terus dilaksanakan untuk membentuk pemikiran dan ide yang baru untuk menunjang pekerjaan atau hal yang dikerjakan untuk kemajuan. Sehingga bersyukur dari yang lain itu dapat menentramkan hati, pikiran serta keimanan kepada Tuhan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar