Rabu, 28 Januari 2015

Waktu Terbaik Untuk Berpikir Krea

Kapankah waktu terbaik untuk berpikir kreatif di hari-hari umumnya? Ternyata setiap hari kita memiliki waktu ideal untuk melakukan pekerjaan atau pemikiran yang terkait dengan kreativitas, sama halnya dengan aktivitas lain. Berikut ini adalah waktu paling bagus untuk mengeluarkan kreativitas Anda sampai maksimal.

Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa dalam tubuh manusia ada istilah jam biologis. Jam biologis ini membantu kita menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan sebuah aktivitas, seperti waktu terbaik untuk sarapan adalah tidak lebih dari jam 8 pagi, berolahraga antara jam 3 sampai jam 6 siang, bahkan waktu terbaik untuk membaca twitter antara jam 8 sampai jam 9. Tapi ternyata waktu ideal itu juga dapat diberlakukan ke kreativitas tubuh dan pikiran kita. 

Kemauan seseorang itu dapat habis

Hilangnya kemauan atau tekad seseorang sebenarnya bukanlah hal yang baru, hal itu bisa hilang begitu saja. Tapi ternyata salah satu alasannya bukan karena mood tapi karena kemauan itu sudah habis. Sebuah penelitian mencari tahu apakah tekad seseorang dapat berkurang karena melakukan aktivitas lain.

Penelitian itu membagi sekumpulan orang menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama akan melakukan 2 tugas dimana tugas pertama ditujukan untuk mengurangi tekad orang tersebut untuk melakukan tugas kedua. Sedangkan kelompok kedua akan hanya melakukan tugas kedua dan tidak melakukan tugas pertama. Dari penelitian itu ditemukan bahwa kelompok kedua dapat melakukan tugasnya jauh lebih baik. Hal itu membuktikan bahwa tekad seseorang tidakllah tidak terbatas, dan dapat menipis seiring seseorang melakukan pekerjaan lain hingga habis di akhir hari.

Kemauan atau tekad seseorang itu sangatlah berkaitan erat dengan proses kreativitas, khususnya jika seseorang memang sedang tidak memiliki kemauan untuk melakukan apapun. Oleh karena itu jika Anda ingin melakukan sesuatu, cobalah untuk melakukannya di pagi hari sebelum seluruh kemauan atau tekad Anda dihabiskan oleh aktivitas-aktivitas lainnya.

Waktu terbaik untuk mendapatkan ide kreatif adalah begitu Anda bangun pagi

Pernahkah Anda mendapatkan berbagai macam ide selagi Anda mandi di pagi hari? Itu karena begitu Anda bangun pagi, saat itu merupakan saat dimana otak Anda mencapai keaktifan tertingginya. Selain dari bukti MRI, bukti terbesar lainnya adalah mimpi. Ilmu pengetahuanmengatakan bahwa kreativitas sebenarnya adalah sebuah kejadian dimana berbagai koneksi dalam otak kita terhubung satu sama lainnya. Mimpi adalah bukti nyata.

Salah satu aspek paling menarik dari dunia mimpi adalah terciptanya berbagai koneksi antara hal yang sebenarnya tidak berhubungan sama sekali. Ini jugalah yang terjadi dalam ide-ide inovatif dimana sebuah ide dan konsep yang tidak pernah dipikirkan orang lain sebelumnya dihubungkan dalam sebuah cara yang masuk akal.

Berpikir kreatif saat Anda sudah tidak ingin melakukan apa-apa

Di atas, kita telah membicarakan bagaimana kemauan dan tekad seseorang dapat habis di akhir hari karena berbagai kegiatan. Namun ternyata saat seseorang berpikir ia sudah tidak ingin melakukan apapun, itu juga merupakan salah satu waktu terbaik untuk berpikir kreatif. Jadi jika Anda bukanlah orang tipe pagi hari, maka ini dapat menjadi alternatif Anda.

Teori tersebut didasarkan dari kemampuan kita berkonsentrasi. Anda mungkin tahu kapan waktu ideal untuk pikiran Anda dalam bekerja, waktu itu mungkin adalah waktu dimana konsentrasi Anda benar-benar sangat baik dan Anda dapat melakukan banyak pekerjaan. Namun ternyata dengan konsentrasi yang sangat tinggi, hal itu malah membatasi kemampuan Anda dalam berpikir kreatif.

Seseorang yang tidak terlalu fokus ke satu hal, akan memiliki kemampuan berpikir yang lebih terbuka dan konsentrasinya akan sangat luas. Hal itu akan menyebabkan banyak informasi masuk dalam pikirannya yang mengarah ke kemungkinan lebih tinggi dari kemunculan ide-ide kreatif dalam dirinya.

Pentingnya rutinitas

Lalu apakah hal ini berlaku untuk semua orang? Mengapa ada orang-orang sukses dan ternama yang waktu terbaiknya adalah di siang atau malam hari? Jawabannya adalah karena rutinitas, alias kebiasaan orang tersebut. 

Jika seseorang benar-benar sudah membiasakan dirinya untuk melakukan sebuah pekerjaan dalam waktu rutin di hari-harinya, maka ada kemungkinan bahwa itu juga dapat menjadi waktu terbaik untuk mengeluarkan semua ide kreatif. Otak kita sangat menghargai yang namanyakebiasaan, semakin sering kita melakukan suatu hal maka aktivitas itu akan lebih tertanam dalam pikiran kita. 

Jadi apabila tips-tips di atas tidak cocok untuk Anda, cobalah lakukan pekerjaan atau pemikiran Anda secara konsisten di hari-hari umumnya. Ubah kegiatan tersebut menjadi sebuah kebiasaan rutin dan buat otak Anda menerima hal itu sebagai waktu terbaik Anda.



http://www.tahupedia.com/content/show/408/Waktu-Terbaik-Untuk-Berpikir-Kreatif

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar