Senin, 26 Januari 2015

Mengenal Ayat Kursi dan Keutamaannya



(1) Ayat kursi adalah ayat ke 255 dari surat Al-Baqarah. Ayat tersebut membicarakan, di antaranya, ketauhidan, Nama dan sifat-Nya Allah Ta’ala, di antaranya kursi-Nya. Dari sini disebut ayat kursi.

وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ

“Kursi Allah meliputi langit dan bumi.”

(2) Sejumlah hadits menunjukkan tentang penamaan ayat tersebut dan keagungannya. Seperti hadits Ubai bin Ka’ab yang menerangkan bahwa ayat paling agung di Al-Qur'an adalah ayat kursi. (HR. Muslim)

(3) Tentang keutamaan ayat tersebut dan anjuran membacanya, “Siapa yang membacanya sesudah shalat maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian.” (HR. al-Nasai dan lainnya, dishahihkan Al-Albani di Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 1595)




Juga dianjurkan dibaca saat berbaring di tempat tidur. Siapa membacanya maka akan senantiasa dijaga oleh Allah dan dijauhkan dari syetan sampai pagi (HR. Al-Bukhari, dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu)

Juga disyariatkan dibaca pada pagi hari dan sore hari, sebagai bagian dari zikir pagi dan sore hari. (HR. Al-Nasai, dishahihkan Al-Albani di Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 662)

Dari sini, setiap kita hendaknya semangat menghafalkan ayat kursi ini dan membacanya di tempat-tempat yang telah diistimewakan dalil shahih. Wallahu A’lam. [Badrul Tamam/voa-islam.com]


http://www.voa-islam.com/read/konsultasi-agama/2015/01/27/35297/mengenal-ayat-kursi-dan-keutamaannya/#sthash.VdlQsyAr.dpbs

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar