Sabtu, 24 Januari 2015

Orang Yang Paling Pantas Meraih Kemenangan adalah Orang Yang Telah Berjuang Keras dan Meredam Berbagai Kesulitan.



Allah SWT berfirman, “Katakanlah, Yang akan menimpa kami hanyalah apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kami (QS At Taubah : 51) .

Dan , dalam membuat ketetapan, Allah memiliki kebebasan penuh. Ia juga berfirman, “Sungguh, sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS 94:5)

“Bersabarlah (wahai Muhammad), dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan berkat pertolongan Allah.” (QS An Nahl :127)

“Siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepadaNya” (QS an Naml :62)

“Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik baik pelindung.” (QS Ali Imran :173)

Ketetapan ketetapan universal agama tersebut adalah simpul simpul keyakinan kepada Allah SWT yang dipegang kaum mu’min saat mereka tertimpa musibah dan digelapkan oleh kesulitan. Sebab, mereka tahu, semua kejadian telah ditetapkan oleh Allah sebelumnya, sehingga yang dapat mereka lakukan hanyalah berserah diri kepadaNya;

Kekuasaan memilih hanya milik Allah, sehingga tak ada yang dapat mereka lakukan selain percaya bahwa pilihanNya pasti baik; kemudahan mengiringi kesulitan, sehingga mereka menanti pertolonganNya, obat terbaik saat bencana menimpa adalah kesabaran, sehingga mereka berobat dengan cara kembali kepadaNya; Allah pasti mengabulkan doa, sehingga mereka pun mengangkat telapak tangan memohon kepadaNya.

Dan mereka tahu bahwa pertolongan Allah membuat mereka tidak perlu kepada pertolongan siapapun selainNya, sehingga mereka bertawakal kepadaNya. Obat musibah ini adalah husnudzon, keyakinan yang tidak goyah oleh keputus asaan dan kehilangan harapan, kesabaran yang tidak kalah oleh kecemasan, optimisme yang tidak tersentuh kekecewaan, dan kepasrahan yang tidak ternodai penentangan.

Musibah menjadi ringan apabila balasannya disebut sebut, ganjarannya diperlihatkan, waktu hilang dan berlalunya dapat ditunggu dan diperkirakan, terhibur dengan banyaknya orang yang terkena musibah, dan terbesarkan hati dengan upah dan kesenangan yang akan diterima dari Allah, karena musibah itu datang dari Tuhan sekalian alam.

Orang yang paling pantas mendapatkan kemenangan adalah orang yang telah berjuang keras. Orang yang paling layak memperoleh keamanan adalah orang yang telah meredam pelbagai kesulitan. Orang yang patut menerima kedekatan dengan Allah adalah orang yang telah menelan pelbagai kesedihan. Dan, orang yang paling berhak mendapatkan sambutan dari Allah adalah orang yang telah bersabar mengetuk pintuNya.

Segala sesuatu ada harganya, dan harga mutiara adalah kesulitan menyelam di dasar lautan. Segala sesuatu ada nilainya, dan nilai kemenangan adalah kesakitan oleh luka luka dalam perang kehidupan. Segala sesuatu yang disukai ada harganya, dan harga keberhasilan adalah air mata yang panas, darah yang tumpah, kelopak mata yang letih karena kekurangan tidur, badan yang lemah karena lelah bekerja, dan hati yang pedih karena banyak menderita.

Umur bencana lebih pendek daripada umur kesenangan, tapi pahalanya lebih besar daripada pahala kesehatan, pengalamannya lebih berharga daripada pengalaman kehidupan, dan kegunaanya lebih besar daripada kegunaan keselamatan. Di dalam bencana terdapat pelajaran, peringatan, dan kewaspadaan, dan bersamanya terdapat tabungan, pujian dan catatan sejarah.

-Syeikh Aidh Al Qarni-

http://www.eramuslim.com/nasehat-ulama/orang-yang-paling-pantas-meraih-kemenangan-adalah-orang-yang-telah-berjuang-keras-dan-meredam-berbagai-kesulitan.htm#.VMPWCyzJRf0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar