Rabu, 14 Januari 2015

Jangan Pernah Melakukan 9 Hal Ini Jika Anda Ingin Sukses




Menjadi orang sukses bukan hanya memiliki hal yang harus mereka lakukan, harus mereka jalankan dan selalu mereka gunakan. Tapi setiap orang yang sukses memiliki hal yang tidak boleh atau bahkan sangat mereka hindari untuk dilakukan. Tujuannya jelas sama dengan ketika mereka melakukan apa yang harus mereka lakukan, yaitu menjadi orang yang sukses dan bermanfaat untuk orang lain. Jadi, kali ini apa saja hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang – orang sukses itu?

1. Mereka tidak pernah membiarkan masa lalu mendikte masa depan mereka

Setiap orang memiliki masa lalu, baik, buruk, suka ataupun duka semuanya itu adalah masa lalu. Menjadi seorang yang mudah melupakan dan meninggalkan masa lalu memang tidak semuanya bisa. Karena banyak dari kita yang menjadi terpuruk dan bahkan sulit untuk melakukan hal di masa kini dan mengharapkan sesuatu yang besar di masa depan. Hanya karena takut merasakan apa yang pernah dialami di masa lalu.
Tapi setiap orang sukses selalu mau dan berusaha untuk melupakan dan meninggalkan masa lalu mereka. Mungkin memang mudah ketika diucapkan tapi belum tentu ketika mulai dilakukan. Itu semua tergantung pada sudut pandang kita. Seseorang bisa menjadi orang yang lebih sukses ketika mereka mampu menjadikan masa lalu sebagai pelajaran, bukan menjadi sesuatu yang mendekte kita untuk melangkah di masa depan.

2. Mereka tidak pernah bergunjing

Sulit memang menahan diri sendiri untuk tidak membicarakan keburukan orang lain. Kita juga dikaruniai sifat yang selalu ingin tahu tentang pribadi orang lain, seperti alasan tentang keputusan seseorang, motivasi dibalik tindakan mereka, dan apa yang mereka ingin capai. Tapi sebenarnya ketika kita menggosipkan atau membicarakan orang lain, tanpa sadar kita juga membicarakan diri kita sendiri. Dan tidak sadar juga bahwa membicarakan hal yang bukan urusan kita menjadi hal yang tidak begitu menyenangkan.
Mereka yang mampu mengendalikan diri ketika ingin membicarakan orang lain, sebenarnya mulai berfikir apakah mereka juga melakukan yang orang lain lakukan. Dan orang sukses akan lebih memilih berbicara secara terbuka tentang pikiran dan perasaan mereka sendiri, ketimbang harus membicarakan orang lain.

3. Mereka bahkan tidak pernah berkata “ya” ketika mereka tahu sebenarnya itu “tidak”

Menolak permintaan dari rekan kerja, customer, atau bahkan teman itu memang berat. Tapi mengatakan tidak itu lebih baik daripada hanya memberi harapan dengan mengatakan ya. Kebanyakan orang akan mengerti ketika Anda mengatakan tidak disertai dengan alasan dan penjelasan yang membuat mereka menerima. Mungkin kita akan merasa buruk ketika kita berkata tidak atau menolak permintaan orang lain. Tapi itu tidak seberapa ketika kita berkata iya yang aslinya kita tidak bisa memenuhinya.
Orang sukses selalu berhasil mengatakan tidak untuk beberapa hal dalam hidup mereka. Mereka memilih fokus mengatakan ya untuk hal – hal yang mereka yakini sanggup mereka berikan.

4. Mereka tahu bagaimana cara untuk tidak mengganggu

Bila kita mengganggu seseorang, sebenarnya yang ada difikiran kita adalah “Saya tidak berfikir apa yang akan kamu katakan. Saya hanya berfikir apa yang ingin saya katakan dan itu sangat penting, jadi Anda harus mendengarkan saya sekarang”. Ketika seseorang mengganggu orang lain dengan cara apapun, sebenarnya ada rasa ingin diperhatikan lebih dari sebelumnya.
Tapi disini seorang yang sukses tahu kapan dia harus mencari dan membutuhkan perhatian. Mereka akan berusaha mencari waktu dimana mereka bisa berbicara dan mengungkapkan apa yang mereka fikirkan. Dan mereka ingin belajar dari apa yang orang lain pikirkan, sehingga itu tidak menyakiti hati siapapun.

5. Mereka tidak pernah terlambat

Semua orang tahu, ketika Anda bekerja dan berusaha membangun bisnis dengan susah payah dan tanpa jeda, Anda merasa kewalahan dengan apa yang Anda pikirkan dan lakukan. Dan Anda merasa sangat membutuhkan waktu lebih untuk diri Anda sendiri. Tapi ketika Anda bekerja dalam persaingan yang sangat ketat, kata terlambat bisa menjadi haram bagi Anda.
Sebisa mungkin Anda akan benar – benar berusaha mengabaikan rasa lelah dan malas, agar bisa datang dan memulai hari mereka lebih awal dari yang lainnya. Mereka datang lebih awal untuk menjadwalkan hari – harinya. Mereka tidak khawatir ketika mereka akan membuang waktu dengan merencanakan sesuatunya.

6. Mereka tidak pernah membenci

Seperti yang dikatakan Nelson Mandela, “Benci itu seperti meminum rabun dan kemudian kita berharap itu akan membunuh musuh kita”. Hal ini berlaku ketika kita merasa ada yang menyakiti hati, memberikan luka dan membuat kita merasa tidak nyaman. Setiap orang memiliki sisi baik dab buruk, bila Anda berpegang teguh pada niat buruk, maka satu – satunya orang yang sebenarnya kehilangan adalah diri Anda sendiri.
Hebatnya orang sukses mampu menempatkan semua energi emosional mereka kedalam fokus bekerja, bukan pada apa yang orang lain lakukan.

7. Mereka tidak pernah memutuskan bahwa mereka tidak punya waktu

Siapapun tahu orang pada umumnya memiliki banyak waktu untuk melakukan sesuatu ketimbang mereka yang memilih untuk fokus bekerja. Terkadang ini banyak ditentang, karena mereka seolah tidak memiliki waktu untuk diri mereka sendiri. Tapi tahukah kita? Jika sebenarnya mereka memiliki kehidupan yang hebat. Mereka sudah tahu apa yang penting bagi mereka dan membuat hal itu bisa terjadi.
Mereka mencari tahu apa yang penting bagi mereka, dan meninggalkan semua yang tidak penting, sampai kemudian mewujudkannya. Dan yang paling penting adalah “Kita semua diberi jumlah waktu yang sama. Satu – satunya perbedaan adalah bagaimana kita menggunakan waktu kita”. Hebatnya orang sukses menggunakan waktu mereka tanpa merasa kehilangan waktu sedikitpun.

8. Mereka tidak pernah merasa cocok

Sekalipun kita bekerja di lingkup yang sama, yaitu industri. Tapi tidak ada yang merasa cocok dengan apa yang kita lakukan, kita kenakan dan kita fikirkan. Bahkan tidak banyak yang menyukai kita, sekalipun mereka berkata ini “baik”.
Orang sukses selalu hebat dalam memutuskan menjadi diri mereka sendiri. Dengan membantahkan keinginan untuk mencoba menyesuaikan menjadi orang lain. Mereka tidak terfikir untuk membuat kesan buatan untuk orang lain, karena mereka sadar bahwa mereka akan mudah kehilangan banyak kenalan. Mereka lebih yakin bahwa mereka akan mendapatkan teman sejati.

9. Mereka tidak pernah takut untuk melakukan hal – hal baru

“Satu – satunya hal yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri”, ungkapan ini memang benar. Tapi kutipan lainnya mengatakan bahwa “Satu – satunya hal yang kita harus takutkan adalah diri kita sendiri”. Kita bukan hanya takut dengan hal yang yang belum terjadi, tapi kita juga bisa takut dengan hal yang sudah terjadi. Banyak orang yang takut untuk berubah, melakukan sesuatu dan takut akan tanggapan orang lain.
Dan itulah yang membuat banyak orang ragu. Menunggu saat yang tepat, berfikir lebih lama atau melakukan penelitian lebih lanjut untuk memutuskan sesuatu yang akan dilakukan. Tapi bisakah kita hanya berfikir bahwa ketakutan dalam diri itu hanya sebagai pemicu semangat untuk benar – benar berani dalam melakukan sesuatu?
Jangan biarkan ketakutan itu menghambat diri kita. Apapun yang telah direncanakan, apapun yang sudah dibayangkan dan apapun yang sudah diimpikan, lakukan saja. Ambil langkah pertama untuk setiap hal baru yang ingin Anda kerjakan, mulai dari sekarang.
Orang – orang sukses itu mampu menempatkan ketakutan mereka di samping dan berani memulai hal yang baru. Tidak ada orang yang tidak memiliki rasa takut, begitupula orang hebat. Tapi mereka paling takut ketika harus melihat ke belakang dan berfikir “Kalau saja aku……”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar