Rabu, 14 Januari 2015

7 Hal yang Menjauhkan Kita dari Sukses



Setiap orang ingin sukses? Itu sudah jelas dan menjadi hukum alam bagi semua manusia. Dalam berbagai hal yang kita kerjakan, selalu ingin lancar, suskes dan mendapatkan hasil yang kita inginkan. Tentu saja itu tidak bisa diapatkan dengan mudah dan dalam waktu yang singkat. Ada banyak yang harus dipikirkan, dipertimbangkan dan dilakukan. Bahkan untuk sukses saja ada kewajiban dan larangan yang harus kita patuhi. Untuk menjadi orang sukses memang harus melakukan banyak hal, tapi juga harus menjauhi beberapa hal seperti berikut ini:

1. Lebih banyak memikirkan masa lalu dan menyesalkan yang sudah terjadi

Banyak dari kita tumbuh karena memikirkan masa lalu. Masa lalu memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Mereka terbentuk dan melakat dalam setiap hidup orang lain. Tapi kekuatan untuk bangkit dan menjadikan masa lalu sebagai motivasi untuk maju tidak semua orang mempunyai itu. Karena bagi mereka yang mau untuk keluar dari masa lalu dan penyesalan sebelumnya bisa menjadi seseorang yang kuat dan sukses. Mereka yang mampu melihat jauh kedepan akan lebih tenang dan yakin atas kemampuan mereka sendiri.
Bagi orang yang selalu merasa menyesal dengan apa yang pernah ia hadapi akan jauh lebih sulit untuk sukses. Karena ia takut untuk kembali menyesal ketika melakukan sesuatu di hari ini dan untuk kedepannya.

2. Iri pada kesuksesan dan keberhasilan orang lain

Melihat orang lain, teman sekantor, sahabat ataupun keluarga menjadi orang yang lebih sukses dari kita memang terkadang membuat iri atau cemburu. Kita akan banyak berfikir, kenapa mereka bisa lebih sukses dari kita? Terlebih saat usaha yang kita lakukan terlihat lebih besar daripada yang mereka lakukan. Tapi itu belum tentu. Orang sukses memang tidak terlalu menampakkan usahanya kepada orang banyak. Mereka banyak berfikir, bekerja dan juga berdoa. Iri pasti ada, tapi tidak harus menjadi pembunuh semangat kita untuk bisa menjadi orang yang sukses bahkan melebihi mereka. Jika hanya merasa iri, kemudian menggunjingkan mereka lalu menerka – nerka apa yang mereka lakukan, itu akan membuat kita terlihat lebih buruk. Itu sebabnya ambil selalu sisi positif berada di sekeliling orang – orang suskes itu. Ambil semangat dan cara mereka bekerja. Pelajari dan terapkan dalam kehidupan kita.

3. Berkumpul dengan orang yang memberi pengaruh negatif

Berkumpul dengan siapa saja memang memberikan banyak pengaruh bagi kita. Itu sebabnya dari kecil kita dididik dan diajarkan untuk dapat memilih dan memilah teman mana yang memberikan pengaruh positif bagi kita. Setelah itu kita harus memberi pengaruh positif bagi mereka. Ini bukan berarti kita tidak boleh berteman dengan banyak orang. Mereka yang sukses bukan hanya pandai memilih harus berkumpul dengan siapa tapi juga mampu memberikan pengaruh positif bagi orang lain.

4. Lebih banyak menebak – nebak sendiri rencana dan hasil yang dibuatnya

Meninjau rencana yang dibuat memang baik untuk kita. Itu menandakan bahwa kita tidak akan bertingkah gegabah dan bertindak semaunya. Tapi terlalu lama berfikir dan akhirnya menebak – nebak sendiri rencana dan hasil yang akan didapatkan nantinya justru membuat kita terlihat lebih buruk. Belajar dari kemampuan dan pengalaman diri sendiri menjadi salah satu kuncinya. Karena jelas, setiap orang memiliki masa dimana mereka belajar dari kemampuan yang terus diasah dan pengalaman yang langsung memberi pelajaran. Jangan hanya menebak – nebak hasil yang akan didapatkan nantinya. Jika sudah direncanakan maka segera dilakukan.

5. Cepat merasa puas

Orang sukses adalah mereka yang tidak cepat puas dengan apa yang sudah ia hasilkan. Merasa puas pasti ada dan dirasakan oleh kita yang sudah mencapai hasil yang kita bayangkan dan harapkan. Tapi terlena dan merasa nyaman dengan itu justru akan semakin buruk untuk kita. Kalau kita merasa sangat sukses kita boleh tidak berfikir untuk tidak meningkatkan apapun dari dalam diri kita. Tapi ketika seseorang masih ingin menjadi lebih sukses dan berhasil, ia akan kembali berfikir bahwa langkah yang saat ini ia ambil, akan kembali ditingkatkan dan dikembangkan lagi.

6. Banyak bicara tapi “No Action”

Banyak orang yang ingin sukses tapi hanya mengumbar ide, rencana dan mimpi – mimpi mereka. Mereka memiliki banyak ide yang dianggapnya cemerlang, rencana yang sudah ia tulis dan pertimbangkan sangat matang dan juga mimpi untuk masa depan yang dibuatya. Tapi itu akan sia – sia ketika kita hanya banyak bicara tanpa mau berbuat atau bertindak dengan segera. Sukses itu tentang perjalanan, proses dan hasil bukan hanya tentang ide, rencana dan mimpi besar.

7. Menyamakan uang dengan kesuksesan

Banyak orang berfikir mereka yang memiliki uang sangat banyak sampai mendapat sebutan Milyarder adalah orang yang sukses. Memiliki banyak uang dan sangat terpenuhi segala kebutuhan finansialnya adalah orang yang sukses. Itu belum tentu, kenapa? Karena sukses yang sebenarnya bukan hanya terletak pada pencapaian target nominal pada sebuah bisnis, tapi juga tentang seberapa berpengaruhnya kita pada masyarakat. Layanan dan pelayanan kita dapat memberikan solusi apa kepada pelanggan? Menginspirasikah kita bagi orang lain? Dan apakah tim kita menjadi lebih baik ketika berada di dalam perusahaan dan di bawah kepemimpinan kita? Sukses itu sangat luas, bukan hanya tentang uang dan kepuasan materi saja.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar