Senin, 30 November 2009

Sifat Luhur Mampu Mengubah Hati Setiap Orang

Lu Gong hidup pada masa Dinasti Han Timur (25-220 SM). Ia belajar tentang Lima Klasik dan Puisi Lu ketika ia masih sangat muda. Berkaitan dengan apa yang telah dipelajarinya, ia menjadi terkenal akan kekayaan ilmu pengetahuan yang dimilikinya meskipun hidupnya sangat miskin.

Bahkan gubernur menaruh hormat yang tinggi pada Lu Gong dan mengiriminya padi setiap tahun. Tetapi Lu Gong tidak pernah menerimanya. Gubernur juga ingin memberinya suatu jabatan penting, karena ia masih terlalu muda, Lu Gong dengan sopan menolaknya juga.

Ketika Lu Gong dewasa, ia menjadi gubernur di wilayah Zhong Mou. Selama masa jabatannya, ia sangat dihormati dan dikagumi warganya karena perilaku moral dan kebajikannya yang besar. Sebagai ganti penerapan hukuman, penerapan sifat luhurnya telah mengubah hati orang-orang menjadi baik. Selama masa jabatannya, orang-orang hidup jujur dan penuh kedamaian.

Pada suatu ketika, seorang laki-laki mengeluh kepada Lu Gong mengenai seseorang yang bernama Ting Chang yang telah meminjam sapinya dan menolak untuk mengembalikannya. Sebagai akibatnya, Ting Chang dipanggil dan ditanya mengenai masalah tersebut.

"Anda telah meminjam sapi seseorang dan Anda seharusnya mengembalikan sapi itu setelah pekerjaan telah selesai. Sekarang pemilik sapi itu datang mengeluh pada saya. Setelah Anda mengembalikan sapi itu, Anda juga harus minta maaf."

Ting Chang menjawab, "Kapan saya meminjam sapinya? Itu adalah sapi saya!"

Orang itu berkata, "Ini tidak benar! Kamu meminjam sapi saya, tetapi kenapa kamu tidak mengakuinya?"

Ting Chang menjawab, "Ia sedang membual! Mengapa saya harus meminjam sapi dari dia?"

Lu Gong menarik napas panjang, "Tidak perlu membantah lagi. Tak peduli salah satu dari kalian mana yang benar. Saya akan bertanggung jawab. Ini adalah kegagalan saya yang belum mampu untuk mengubah kalian menjadi orang-orang dengan akhlak yang tinggi. Saya percaya ini adalah kesalahan diri saya."

Setelah itu, ia melepas jubah pejabatnya dan menyiapkan diri untuk berhenti dari jabatannya.

"Tolong jangan berhenti," para bawahannya memohon sambil menangis.

"Tolong jangan meninggalkan kami," tangis semua warganya.

"Tolong jangan pergi. Saya akan menyerahkan sapi saya," kata pemilik sapi itu.

Setelah melihat ini, Ting Chang merasa malu. Ia berkata,"Saya melakukan kesalahan. Setan membuat saya melakukan hal ini. Saya akan mengembalikan sapi kepadanya. Tolong hukum saya atas kejahatan yang telah saya perbuat."

Ting Chang akhirnya mengakui kesalahannya. Lu Gong berkata pada Ting Chang agar mengembalikan sapi itu dan tidak akan menghukum dia. Semua warga tersentuh oleh cara Lu Gong dalam menangani situasi ini.

Pada suatu kesempatan yang berbeda, belalang menyerbu semua wilayah terkecuali Zhong Mou. Menteri Yuan An dari Provinsi Henan mendengar kabar ini dan sungguh tidak dapat mempercayainya. Ia mengirim Fei Qin, seorang pejabat, untuk menyelidikinya. Saat kedatangan Fei Qin, Lu Gong menemani Fei QIn untuk memeriksa ladang (pertanian). Fei Qin duduk di bawah suatu pohon besar dan melihat seekor burung kuau/pegar turun dari langit dan ada seorang anak bermain di dekatnya.

"Kenapa kamu tidak menangkap burung itu?" Fei Qin bertanya pada anak itu.

"Burung kuau/pegar ini sedang menetaskan bayinya dan saya merasa kasihan padanya," anak itu menjawab.

Fei Qin bangun dengan seketika setelah mendengar hal ini dan kembali untuk melapor pada Yuan An.

"Ada tiga hal yang sangat tidak lazim di wilayah Zhong Mou. Pertama, belalang tidak akan menyerbu wilayah itu. Kedua, bahkan burung-burung dan binatang pun terbenam dalam rasa belas kasih. Ketiga, seorang anak yang masih kecil telah mempunyai kebaikan dalam hatinya. Jika saya tinggal lebih lama lagi di sana, saya hanya akan mengganggu kebaikan yang menyebar di seluruh wilayah itu."

Menteri Yuan An melaporkan kebajikan Lu Gong ke istana Kerajaan.

Setelah Lu Gong menunaikan masa jabatannya di wilayah Zhong Mou, ia ia telah dipindahkan ke istana kerajaan karena prestasi dan perbuatannya yang mengagumkan dan telah dipromosikan menjadi perdana menteri.

Lu Gong adalah seorang pejabat berbudi luhur yang menekankan pentingnya perilaku moral yang baik. Orang-orang mencintainya karena ia memimpin dengan kebenaran dan kebajikan.

Cerita tentang kebajikannya yang mampu mengubah hati setiap orang ini telah diceritakan dari generasi ke generasi. Bahkan hingga saat ini, cerita-cerita Lu Gong menunjukkan kepada kita tentang kebaikan yang ada dalam diri setiap orang dan pengaruh dari suatu perbuatan baik. (Zhi Zhen/The Epoch Times/hty)

http://erabaru.net/featured-news/48-hot-update/7457-sifat-luhur-mampu-mengubah-hati-setiap-orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar