Senin, 08 Oktober 2012

AL BARR | YANG MAHA DERMAWAN


AL BARR | YANG MAHA DERMAWAN 
Allah adalah AL BARR (yang Maha Dermawan). Dia yang dermawan dan yang mutlak berlaku baik. Dia yang nyata melahirkan segala perbuatan baik dan dermawan.
 
 
 
`Mereka berkata: "sesungguhnya kami dahulu, sewaktu berada ditengah-tengah keluarga kami merasa takut (akan di azab)".
 
`Maka Allah memberikan karunia kepada kami dan memelihara kami dari azab Neraka. Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya. Sesungguhnya Dia-lah yang melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang` (52-Ath Thuur:26~28).
 
Manusia dapat berlaku baik hanya kalau dirinya terus menerus berbuat baik, khususnya terhadap kedua orang tua, guru dan orang-orang yang lebih tua. Dikisahkan ketika Allah SWT sedang berbicara kepada Nabi Musa a.s, ia melihat seorang laki-laki berdiri didekat kaki Arasydan merasa heran melihat orang itu mempunyai kedudukan tinggi. Lalu Musa a.s berkata `Wahai Tuhan, bagaimana orang ini dapat mencapai tempat setinggi ini?`. 
Allah SWT berfirman `dia tidak iri terhadap hamba-hamba-Ku atau apa yang telah Aku anugerahkan kepada mereka, dan dia berlaku baik kepada kedua orang tuanya`.
 
`Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti` (03-Ali Imran:198)
 
Adapun menyangkut kebaikan dan kedermawanan Allah Azza wa Jalla terhadap makhluk-makhluk-Nya hal itu sudah jelas, karena segala sumber kebaikan ada pada-Nya.
 
 
Imam Al-Ghazali



 http://fiqhislam.com/index.php?option=com_content&view=article&id=216:al-barr-yang-maha-dermawan&catid=47:asma-allah&Itemid=419

Tidak ada komentar:

Posting Komentar