Rabu, 17 Oktober 2012

Monster Lubang Hitam Ditemukan



NASA menemukan monster lubang hitam 100 kali lebih besar massa matahari. Lubang hitam ini menelan gas, debu dan bintang termasuk planet yang ada di pusat galaksi. Lubang hitam dari galaksi bernama NGC-1097 itu difoto menggunakan Spitzer Space Telescope di California.

http://14dejavu.files.wordpress.com/2009/03/blackholebyjasonwarren.jpg

http://14dejavu.files.wordpress.com/2009/03/supernovabyjasonwarren.jpg


Lubang hitam merupakan wilayah di ruang angkasa di mana gaya tarik gravitasi sangat kuat menarik apapun. Planet yang ada di sekitarnya juga tidak akan selamat jika berada di dekat lubang itu. Pemotretan yang dilakukan NASA menunjukkan galaksi itu berbentuk spiral seperti galaksi kita Milky Way. Namun NASA menyatakan lubang hitam di galaksi bumi berada berbeda dengan NGC-1097 yang hanya terdiri dari jutaan matahari.

http://www.ifa.hawaii.edu/~barnes/ast110_06/bhaq/Black_Hole_Milkyway.jpg

http://www.cosmographica.com/gallery/portfolio2007/content/bin/images/large/169_BlackHole2.jpg


"Beberapa teori menyebut lubang hitam bisa melemah dan akhirnya masuk ke fase tidur seperti lubang hitam di galaksi kita," kata George Helou, deputy director Spitzer Science Center NASA di California Institute of Technology. Foto itu menunjukkan cincin di sekitar lubang hitam yang terdapat bintang baru lahir. “Cincin itu obyek menawan untuk dipelajari karena membentuk bintang dalam tingkatan tinggi,” katanya.


Sumber: http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2009/07/monster-lubang-hitam-ditemukan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar