Senin, 08 Oktober 2012

AL HAADIY | YANG MAHA PEMBERI PETUNJUK


AL HAADIY | YANG MAHA PEMBERI PETUNJUKAL HAADIY (yang Maha Memberi Petunjuk) adalah Allah yang memandu hamba-hamba-Nya yang terpilih untuk mengetahui (mengenal) Dzat-Nya, sehingga mereka dapat merujuknya sebagai saksi atas segala sesuatu.
 
 
 
Dia memandu bagian terbesar hamba-Nya pada hal-hal yang telah diciptakan-Nya, sehingga mereka dapat merujuk hal-hal ciptaan sebagai saksi atas Dzat-Nya dan juga memandu setiap ciptaan pada apa yang dibutuhkannya untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhannya.
 
Dia memandu bayi untuk menyusu pada air susu ibunya begitu ia terlepas dari rahim.
 
Dia memandu anak burung untuk memauk biji-bijian pada saat ia keluar dari kulit telur dan Dia memandu lebah untuk membangun rumahnya dengan bentuk persegi enam, bentuk yang sangat padu.
 
`Musa berkata: "Tuhan kami ialah (Tuhan) yang telah memberikan kepada tiap-tiapsesuatu bentuk kejadiannya, kemudian memberinya petunjuk` (Thaahaa:50)
 
`Sucikanlah Nama Tuhanmu yang Maha Tinggi, Yang menciptakan dan menyempurnakan (penciptaan-Nya), Dan yang menentukan kadar(masing-masing) dan memberi petunjuk` (Al-A'laa:1~3)
 
Para Nabi dan Ulama adalah orang-orang yang memberikan petunjuk dikalangan umat manusia, yang mengarahkan makhluk-makhluk pada kebahagiaan di akhirat dan memandu mereka ke jalan Allah. Namun, sesungguhnya Allah-lah yang memandu mereka dalam apa yang mereka katakan dan mereka tunduk pada kekuasaan dan rencana-Nya.
 
`Dan sesungguhnya Allah adalah pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus` (Al Hajj:54).
 
`Dan cukuplah Tuhanmu menjadi pemberi petunjuk dan penolong` (Al-Furqaan:31).
 


Imam Al-Ghazali



http://fiqhislam.com/index.php?option=com_content&view=article&id=203:al-haadiy-yang-maha-pemberi-petunjuk&catid=47:asma-allah&Itemid=419

Tidak ada komentar:

Posting Komentar